Hari Manis Galungan Berkah Buat Para Pedagang di Pantai Sanur

Kamis, 18 Desember 2014 - 12:58 WIB
Hari Manis Galungan Berkah Buat Para Pedagang di Pantai Sanur
Hari Manis Galungan Berkah Buat Para Pedagang di Pantai Sanur
A A A
DENPASAR - Hari Manis Galungan atau hari setelah perayaan hari Galungan membawa berkah tersendiri buat para pedagang di Pantai Sanur, Denpasar, Kamis (18/12/2014).

Suyipto pemilik penyewaan ban pelampung di Pantai Sanur mengatakan, pada hari Manis Galungan penyewaan ban pelampung mengalami peningkatan sekitar 50% dibandingkan dengan hari-hari biasa.

“Kalau hari biasa sekitar jam 08.00 Wita belum ada yang menyewa, kalau hari manis galungan seperti sekarang ini mulai pagi sudah ada yang menyewa,” timpal warga Sitobondo ini.

Dia juga menjelaskan, setiap Hari Manis Galungan Pantai Sanur selalu ramai dikunjungi wisatawan, tidak hanya dari Denpasar saja tetapi juga dari Klungkung, dan daerah sekitar.

Harga sewa ban pelampung itu dibandrol Suyipto sekitar Rp5.000 sekali pakai, dia memiliki puluhan ban pelampung, diperkirakan omzet sehari pada saat hari Manis Galungan bisa mencapai ratusan ribu.

Sementara itu Selly pedagang jagung di pantai yang terkenal dengan matahari terbit itu, pada hari manis galungan penjualan jagungnya juga meningkat sekitar 30% dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Dia mengatakan, pada saat hari manis galungan menyiapkan 1,5 karung jagung manis, sementara pada hari-hari biasa dalam satu hari hanya menghabiskan jagung setengah karung.

“Saat hari manis galungan seperti sekarang ini penjualan jagung kami mengalami peningkatan sekitar 30% dibandingkan dengan hari biasa,” jelasnya.

Hari Manis Galungan ini hari setelah perayaan Hari Suci Galungan yang jatuh pada Rabu (17/12/2014).

Pada hari inilah umat Hindu akan bersilaturahmi dengan sanak saudara, dan setelah acara kunjungan ke family rata-rata masyarakat Bali akan pergi ke daerah-daerah wisata.

“Kemarin (Hari Raya Galungan) kita seharian sudah sembahyang, sebelumnya kami menyiapkan untuk perayaan Hari Raya Galungan itu sekitar satu minggu. Sekarang ini waktunya kita untuk melepas penat, makanya kita jalan-jalan ke pantai,” ujar Nyoman Sari Ningsih warga Gianyar.

Sari Ningsih liburan ke Pantai Sanur bersama anak dan suaminya naik sepeda motor, dia mengaku setiap hari Manis Galungan mengunjungi pantai-pantai di sekitar daerah Gianyar.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6201 seconds (0.1#10.140)