Ormas Bubarkan Pemutaran Film Senyap di Kampus ISI

Rabu, 17 Desember 2014 - 21:37 WIB
Ormas Bubarkan Pemutaran Film Senyap di Kampus ISI
Ormas Bubarkan Pemutaran Film Senyap di Kampus ISI
A A A
BANTUL - Pemutaran film Senyap di Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Rabu (17/12/2014) sore, dibubarkan sejumlah anggota organisasi massa (ormas). Mereka keberatan pemutaran film karya sutradara Joshua Oppenheimer ini.

Film yang berdurasi 98 menit ini berkisah tentang keluarga korban yang kebingungan mencari orang yang melakukan pembunuhan pada peristiwa tahun 1965. Film ini diputar di Lantai 3 Gedung Audio Visual Kampus ISI. Sekitar 100 mahasiswa Fakultas Seni Media dan Rekam ISI hadir menyaksikan film tersebut.

Pembantu Dekan III Tanto Handoko mengungkapkan Rabu sore tadi memang ada diskusi film yang rutin diselenggarakan di kampus tersebut. Pihaknya sengaja memilih film Senyap karena tertarik dengan kenyataan fakta yang ada. Namun, baru beberapa saat pemutaran berlangsung, tiba-tiba ada ormas masuk ke dalam gedung.

"Tiba-tiba massa datang dan langsung berteriak-teriak meminta pemutaran film itu dihentikan," ungkapnya, Rabu (17/12/2014) malam.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, akhirnya mereka melakukan negosiasi. Agar tidak terjadi tindakan anarkis, pihak panitia memutuskan untuk menghentikan pemutaran film tersebut.

Satpam Gedung Audio Visual Kampus ISI Khoiri membenarkan aksi pembubaran tersebut. Rabu sore sekitar pukul 17.00 WIB, saat pemutaran film berlangsung tiba-tiba puluhan anggota ormas merangsek masuk ke dalam gedung sembari berteriak dan menantang.

"Satpam sini hanya dua, jadi kami kewalahan."

Sementara itu, Ketua Panitia Pemutaran Film Fauzan mengatakan, sejatinya mereka memutar film tersebut bukan untuk mengupas isi dari film Senyap ini. Mereka ingin mengupas masalah teknis pembuatan film yang memang mengundang kontroversi ini.

"Ini lepas dari isi yang terkandung dalam film tersebut," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5849 seconds (0.1#10.140)