Truk Terseret Arus Sungai Progo

Rabu, 26 November 2014 - 15:06 WIB
Truk Terseret Arus Sungai Progo
Truk Terseret Arus Sungai Progo
A A A
SLEMAN - Satu kendaraan truk dengan nomor polisi AD 1448 C dan empat mesin diesel untuk menyedot pasir, terbawa arus Sungai Progo. Peristiwa itu terjadi di area penambangan Dusun Sejati, Sumberarum, Moyudan. Hingga Rabu (26/11/2014), truk belum dapat dievakuasi karena arus bawah sungai masih deras.

Kejadian itu terjadi Selasa (25/11/2014) pukul 17.30 WIB, bermula saat warga tengah melakukan penambangan pasir menggunakan diesel. Truk yang dikemudikan Jatmiatmo Siswin (60), warga Danunegaran, Mantrijeron, Yogyakarta, bersama kernet Kuat Kurniawan (29), warga Balangan, Minggir, itu tengah mengantre mengambil pasir bersama truk-truk lain.

Abe Rifki (15), seorang warga sekitar yang menjadi penambang mengatakan, saat kejadian, di lokasi turun hujan gerimis. Namun, dengan cepat arus air dari atas sangat deras. Dia melihat truk yang hanyut itu pun sebelumnya sudah diamankan dengan diikat tali namun tali putus karena dihantam diesel-diesel dari atas yang ikut terseret arus.

"Untuk penumpang dan kernetnya bisa menyelamatkan diri," katanya saat ditemui di lokasi, Rabu (26/11/2014).

Melihat truk dan diesel terbawa arus, mereka yang ada di lokasi pun tak dapat berbuat banyak dan hanya bisa menonton. Setidaknya, truk terbawa arus sampai 500 meter. Akibat arus yang cukup deras, badan truk pun mengalami kerusakan cukup berat dan belum bisa dievakuasi karena menunggu arus air surut.

Sementara itu, Muhkardono (39), warga Dusun Sermo, Sumberarum, Moyudan, salah seorang pemilik diesel yang hanyut terbawa arus mengatakan, dari empat diesel milik penambang yang hanyut baru satu diesel yang ditemukan. Dia pun mengaku masih terus mengupayakan mencari dieselnya yang belum diketemukan dengan menyusuri pinggiran sungai.

"Punya saya (diesel) ikut terseret arus, ini masih kita cari, mudah-mudahan masih bisa ketemu," ucapnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6678 seconds (0.1#10.140)