Sultan HB X Akan Luncurkan Aplikasi Belajar Baca Tulis Aksara Jawa

Selasa, 25 November 2014 - 02:10 WIB
Sultan HB X Akan Luncurkan Aplikasi Belajar Baca Tulis Aksara Jawa
Sultan HB X Akan Luncurkan Aplikasi Belajar Baca Tulis Aksara Jawa
A A A
YOGYAKARTA - Aksara Jawa merupakan salah satu dari sekian warisan budaya leluhur bangsa Indonesia. Sayangnya, banyak pelajar saat ini tak mengetahui aksara tersebut.

Guna melestarikan aset budaya bangsa tersebut, diperlukan upaya agar tidak punah. Salah satunya dengan diluncurkannya Aplikasi Belajar Baca Tulis dan Game Aksara Jawa Berbasis Mobile Lintas Platform.

Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Balai Tekkomdik) DIY selaku Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Dikpora DIY yang bergerak pada bidang Pemanfaatan TIK untuk Pendidikan, telah membuat program aplikasi tersebut. Program Aplikaasi Belajar Baca Tulis dan Game Aksara Jawa Berbasis Mobile Lintas Platform itu diberi nama 'Hanacaraka'.

"Besok (hari ini, Selasa, 25 November) program Hanacaraka ini akan di-launching Bapak Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Hotel Grand Pacific Hall, Yogyakarta," kata Singgih Raharjo, Kepala Balai Tekkomdik DIY dalam keterangan pers, Senin (24/11/2014).

Gaya hidup masyarakat yang sudah familiar dengan teknologi, seperti penggunaan smartphone, membuat Balai Tekkomdik DIY merancang program belajar aksara Jawa tersebut tercetus. Agar dapat diunduh, master application dari aplikasi ini akan diunggah pada Play Store (Android) dan App Store (iOS/iPhone).

"Ada lima konten menu utama, yakni Selayang Padang, Belajar Aksara Jawa, Game, Bantuan, dan Tentang Aplikasi. Mulai besok sudah bisa di-download," katanya.

Dalam Selayang Padang, kata dia, terdapat tiga menu di dalamnya, yakni Pentingnya Aksara Jawa, Sejarah Aksara Jawa, dan Filosofi Aksara Jawa.

"Kami berharap aplikasi ini nanti dapat menjadi rujukan bagi siswa, guru, maupun masyarakat luas untuk mempelajari aksara Jawa dengan format yang mudah, menarik, dan interaktif," pungkasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4302 seconds (0.1#10.140)