KNPI Apresiasi Dukungan Pemprov Papua Terkait Kongres XIV

Jum'at, 21 November 2014 - 02:05 WIB
KNPI Apresiasi Dukungan Pemprov Papua Terkait Kongres XIV
KNPI Apresiasi Dukungan Pemprov Papua Terkait Kongres XIV
A A A
JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengapresiasi dukungan Pemprov Papua terkait rencana penyelenggaraan Kongres KNPI ke-XIV tahun 2014 di Jayapura, Papua, pada awal Desember 2014.

Ketua DPP KNPI Korwil Papua Arnold Udam menyatakan, penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Papua dalam hal ini kepada Gubernur Lukas Enembe, beserta jajarannya yang telah menganggarkan dana sebesar Rp10 miliar untuk pembiayaan kongres tersebut.

“Kami tetap berpedoman pada anggaran tersebut dan akan ada proporsional tanggung jawab pembiayaan antara DPP KNPI, Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Pemerintah Daerah Provinsi Papua, " kata mantan Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Uncen ini.

Arnold menyatakan, pembiayaan Kongres KNPI ini tidak serta merta dibiayai sepenuhnya oleh Pemerintah Provinsi Papua.

Karena ini adalah even Nasional yang digelar di Papua yang kepesertaannya terdiri dari 34 DPD KNPI Provinsi se-Indonesia, 116 Pimpinan OKP Nasional Hasil Kongres XIII dan sekitar 50 Pimpinan OKP Nasional berstatus Peserta Peninjau.

Selain itu ada juga Perwakilan Badan KNPI Luar Negeri dan peninjau dari 11 Negara ASEAN.

Berkenaan dengan hal tersebut di atas, kata Arnold, mengingat penting dan strategisnya even Kongres KNPI ini yang secara resmi akan dibuka Presiden Republik Joko Widodo pada awal Desember mendatang maka Ketua Umum DPP KNPI Taufan EN Rotorasiko telah berkomunikasi dengan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Hasil pembicaraan tersebut diharapkan pelaksanaan Kongres KNPI agar lebih maksimal maka perlu penguatan dan persiapan lebih matang secara teknis tentunya dan selanjutnya secara teknis Tim SC dan OC Kongres Nasional akan melakukan komunikasi dan koordinasi kembali dengan Ketua Panitia Lokal.

"Dari sisi kesiapan sebenarnya Papua sangat siap menjadi Tuan Rumah Kongres Pemuda/KNPI berdasarkan hasil kunjungan SC&OC Kongres Nasional dari tanggal 12 -15 November di Jayapura beberapa hari lalu, " timpal Arnold dalam press rilisnya ke Sindonews.

DPP KNPI juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua DPR Papua beserta segenap anggota dewan dan juga Ketua Majelis Rakyat Papua, bupati/wali kota se-Provinsi Papua dan Papua Barat yang dengan arif dan bijaksana mendukung pelaksanaan kongres demi kemajuan pemuda Indonesia di tanah Papua.

Selain itu momentum Kongres KNPI ini sangat penting dan strategis diadakan di tanah Papua dalam rangka Pemantapan NKRI di tanah Papua

Menurut dia, melalui momentum Kongres KNPI XIV ini saatnya Pemuda Papua Bangkit untuk merespon dan menyambut perubahan dan menjadi motor penggerak pembangunan di atas tanahnya sendiri.

Pemuda Papua, kata dia, juga dapat menunjukan jati diri dan eksistensinya untuk berkiprah dan bersaing secara nasional.

Sukseknya kongres KNPI XIV ini, lanjut Arnold sebagai parameter Pelaksanaan PON XX Tahun 2020 nanti.

“Sukses Kongres Pemuda/KNPI XIV Tahun 2014 Sukses PON XX Tahun 2020, ” timpal Arnold.

Selain itu, kata dia, even ini juga akan menjadi pintu masuk bagi investasi di provinsi paling timur Indonesia ini dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur demi memperlancar urat nadi perekonomian dan meningkatkan ekonomi dan daya saing penduduk asli Papua agar setara dan sejajar dengan anak bangsa dibelahan Indonesia lainnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5326 seconds (0.1#10.140)