UBL Sosialisasi Program Beasiswa di Papua

Kamis, 13 November 2014 - 13:45 WIB
UBL Sosialisasi Program Beasiswa di Papua
UBL Sosialisasi Program Beasiswa di Papua
A A A
PAPUA - Kabar gembira datang dari dunia pendidikan. Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti dan Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta membuka kembali program beasiswa bagi para pelajar berprestasi di daerah, untuk tahun 2015.

Sosialisasi program beasiswa dimulai dari Kabupaten Fakfak, Papua Barat, dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Budi Luhur Prof Ir Suryo Hapsoro Tri Utomo, dan Ketua BPH Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro.

"Program beasiswa Nusantara ini menghidupkan harapan putra putri daerah yang memiliki potensi akademik yang baik untuk dapat menempuh pendidikan sampai ke jenjang pendidikan tinggi di UBL," katanya, kepada wartawan, Kamis (13/11/2014).

Dia menambahkan, setelah mengikuti pendidikan di UBL, diharapkan para mahasiswa itu dapat ikut berperan serta dalam pembangunan di daerah tempat mereka berasal, dan Bangsa Indonesia pada umumnya.

Sementara itu, Ketua BPH Yayasan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro mengatakan, program beasiswa Nusantara 2015 merupakan bentuk tanggung jawab sosial UBL dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dan memajukan dunia pendidikan.

"Ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dan memajukan dunia pendidikan, serta membentuk generasi yang cerdas dan berbudi luhur," terangnya.

Terpisah, Bupati Fakfak Drs Mohammad Uswana yang hadir dalam sosialisasi beasiswa itu mengaku senang dengan program beasiswa UBL yang memberikan kesempatan kepada pelajar di Papua, untuk kuliah di Jakarta.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada Universitas Budi Luhur, serta Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti yang telah berinisiatif memberikan beasiswa kepada putra-putri Fakfak untuk berkuliah di Universitas Budi Luhur Jakarta," tukasnya.

Program Beasiswa Nusantara UBL diberikan kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik yang baik dari berbagai daerah di Indonesia. Sesuai jadwal, pelaksanaan tes diadakan pada Juli 2015, dan diumumkan pada Agustus 2015.

Mereka yang lulus akan diberikan 100% biaya pendidikan jenjang tingkat sarjana (termasuk skripsi & wisuda) jika dapat mempertahankan IPK minimal 3.0 setiap semesternya. Setelah lulus, Pihak UBL tidak menerapkan ikatan dinas.

Program Beasiswa Nusantara UBL dimulai sejak tahun 2004, di Aceh, tahun 2005 di Nusa Tenggara Timur (NTT), tahun 2006 di Kalimantan dan Pemalang, serta tahun 2007 di Sulawesi Selatan.

Pada tahun 2008, program beasiswa dilaksanakan di Jogyakarta, tahun 2009 di Papua, tahun 2011 di Sumatera Utara, tahun 2012 di Kepulauan Riau, Ngawi dan Nias, tahun 2013 di Klaten, Jawa Tengah, dan tahun 2014 di Manado, Karo, dan Kediri.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9604 seconds (0.1#10.140)