Presiden Jokowi Instruksikan Percepatan Relokasi Sinabung

Rabu, 29 Oktober 2014 - 22:14 WIB
Presiden Jokowi Instruksikan Percepatan Relokasi Sinabung
Presiden Jokowi Instruksikan Percepatan Relokasi Sinabung
A A A
KABANJAHE - Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri Kehutanan agar mempercepat izin relokasi Sinabung seluas 450 hektare di Kacinambun Puncak 2.000 dan pembangunan akses jalan menuju lokasi hunian tetap sepanjang 3,8 km dengan lebar 12 meter.

Perintah Presiden Jokowi ini dilakukan setelah melakukan kunjungan kerja di Pos Pengungsian Gunung Sinabung, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Rabu siang (29/10/2014).

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Presiden melakukan kunjungan lapangan untuk mengetahui lebih detil masalah penanganan erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo.

"Karena hingga saat ini jumlah pengungsi Sinabung mencapai 3.284 jiwa (1.018 KK) yang tersebar di 12 titik pengungsian, " kata Sutopo dalam rilis yang dikirimkan ke Sindonews, Rabu (29/10/2014).

Presiden Jokowi, kata dia, juga meminta Pemkab Karo segera mempercepat pembangunan jalan menuju lokasi relokasi sepanjang 3,8 km dan lebar 12 meter dengan melibatkan pasukan Zeni TNI AD.

"Untuk mengantisipasi ancaman erupsi Gunung Sinabung ke depan maka perlu disiapkan relokasi bagi empat desa dan satu dusun untuk jangka panjang yaitu Desa Guru Kinayan, Berasitepu, Gamber, Kota Tunggal, dan Dusun Sibintun, " ungkap Sutopo.

Sedangkan untuk jangka pendek, kata dia, disegerakan relokasi bagi Desa Bekerah, Simacem, Sukameriah.
Terpisah, menindaklanjuti arahan Presiden ini Kepala BNPB Syamsul Maarif, langsung memimpin rapat bersama dengan Pemkab Karo, Pemprov Sumut dan TNI.

Dalam rapat koordinasi tersebut disimpulkan BNPB akan menyediakan anggaran pembangunan bagi 370 rumah/hunian tetap (huntap) sementara Bupati Karo sebagai pelaksana pembangunan hunian tetap.

Selain itu, TNI akan segera membangun jalan dengan panjang 3,8 km dan lebar 12 m, dengan menggunakan dana oncall BNPB sebesar Rp10 miliar dengan pola TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

BNPB juga berharap agar Pemkab Karo dan Pemprov Sumut juga mengalokasikan anggaran untuk menangani Sinabung sehingga tidak seluruhnya mengandalkan bantuan dari pusat.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5143 seconds (0.1#10.140)