Peternak Sekitar Gunung Sinabung Kesulitan Cari Pakan

Selasa, 28 Oktober 2014 - 16:09 WIB
Peternak Sekitar Gunung Sinabung Kesulitan Cari Pakan
Peternak Sekitar Gunung Sinabung Kesulitan Cari Pakan
A A A
KABANJAHE - Para peternak di desa sekitar Gunung Sinabung, Kabutaen Karo, Sumatera Utara, kesulitan mencari pakan untuk hewan ternaknya.

Hampir sebulan, Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, bergejolak mengeluarkan awan panas dan memuntahkan abu vulkanik. Kondisi tersebut membuat warga yang sehari-hari beternak kesulitan mencari pakan untuk ternak mereka akibat pakan yang biasa mereka ambil tertutup abu vulkanik.

Hampir semua padang rumput di sekitar Gunung Sinabung tertutup oleh abu vulkanik. Toni, peternak asal Desa Mardingding, Kecamatan Tiga Nderket, mengatakan sudah hampir dua minggu ini desanya dihujani abu vulkanik yang membuatnya kesusahan mengambil pakan untuk ternaknya.

"Keadaan ini membuat sapi yang saya pelihara semakin hari semakin kurus dan mulai mengidap penyakit karena seringnya mengonsumsi pakan yang bercampur debu vulkanik," kata Toni, Selasa (28/10/2014).

Menurut Toni, agar sapinya tidak mengonsumsi pakan yang bercampur debu vulkanik, dia harus mencuci pakan itu terlebih dahulu.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6937 seconds (0.1#10.140)