Cegah AIDS, Pemprov Bali Kucurkan Dana Rp6 Miliar

Jum'at, 24 Oktober 2014 - 15:31 WIB
Cegah AIDS, Pemprov Bali Kucurkan Dana Rp6 Miliar
Cegah AIDS, Pemprov Bali Kucurkan Dana Rp6 Miliar
A A A
DENPASAR - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta, selaku Ketua Harian Komisi Penanggulangan AIDS di Bali memaparkan bahwa Pemprov Bali tahun 2014 mengucurkan dana Rp6 miliar untuk penanggulangan HIV/AIDS di Bali.

Dana tersebut meningkat dari sebelumnya yang hanya Rp300 sampai Rp500 juta pertahunnya mengingat bahaya HIV/ AIDS semakin meresahkan warga.

Selain itu upaya penanggulangan yang bersifat preventif, seperti penyuluhan dan sosialisasi bagi generasi muda dan masyarakat umum, Pemprov Bali juga gencar melakukan pencegahan dengan cara lain.

“Kami juga membentuk kader-kader di tingkat sekolah maupun desa, seperti Kelompok Siswa Peduli AIDS dan Narkoba, serta memaksimalkan peran kepala-kepala desa dalam penyebarluasan informasi ini,” terang Sudikerta di Denpasar, Jumat (24/10/2014).

Sudikerta juga mengaku mendapat dukungan dari pemerintah Australia, baik dari segi anggaran maupun teknis, seperti tenaga-tenaga ahli untuk memberikan pelatihan kepada tenaga yang ada di lapangan. “Pada intinya, komitmen pimpinan, serta koordinasi dan korelasi antara pihak-pihak terkait yang paling penting agar tercipta suatu korrdinasi yang selaras”, tegas Sudikerta

Deputy Executive Director dari United Nations AIDS (UNAIDS) di Geneva, Jan Beagle, berharap apa yang dilakukan Pemprov Bali ini dapat ditiru oleh negara lainnya. "Dalam penanggulangan HIV/AIDS ini berkoordinasi antara elemen masyarakat muda, umum, maupun adat."
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4525 seconds (0.1#10.140)