DIY dan Kulon Progo Dukung Jokowi Hidupkan Semangat Maritim

Selasa, 21 Oktober 2014 - 15:45 WIB
DIY dan Kulon Progo Dukung Jokowi Hidupkan Semangat Maritim
DIY dan Kulon Progo Dukung Jokowi Hidupkan Semangat Maritim
A A A
KULON PROGO - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo mendukung rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengembangkan potensi maritim, di Indonesia.

"Hal ini akan semakin memantapkan rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto, di muara Serang, yang sempat tertunda, karena adanya pemangkasan anggaran dari pemerintah pusat," ujar Bupati Kulon Progo Hasto wardoyo, Selasa (21/10/2014).

Dilanjutkan dia, rencana Jokowi itu akan meneguhkan semangat yang sama, antara pemerintah pusat dengan DIY, dan Pemkab Kulon Progo. Pengembangan potensi kelautan telah lama digadang-gadang oleh DIY dan Pemkab Kulon Progo.

"Hal ini telah dituangkan dalam visi gubernur dari Among Tani menjadi Dagang Layar. Untuk itulah, Pemkab Kulonp Progo siap jembut bola, agar rencana pembangunan pelabuhan Tanjung Adikarto segera terealisasi," jelasnya.

Nantinya, setelah terbentuk kabinet baru, Pemkab Kulon Progo akan melakukan lobi kepada Kementrian Pekerjaan Umum dan Kementrian Kelautan, agar pelabuhan untuk pendaratan ikan segera dilanjutkan.

"Sejauh ini bangunan sudah ada, dan tinggal pengembangan sedikit agar bisa dimanfaatkan lebih optimal. Kita akan kejar ke pusat untuk mewujudkan pelabuhan,” ungkapnya.

Diakui Hasto, Pemerintah pusat sempat menganggarkan dana lebih dari Rp14 miliar untuk melakukan pengerukan alur pelabuhan dan melanjutkan pembangunan bangunan pemecah ombak. Namun, penghematan APBN sebesar 25 persen, membatalkan rencana itu.

"Pelabuhan Tanjung Adikarto harus bisa dimanfaatkan selambat-lambatnya 2015 mendatang. Saat ini, sudah ada bangunan dan fasilitas pendukung yang dibangun, dan belum bisa dimanfaatkan," jelasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.5905 seconds (0.1#10.140)