Bentrok Antarwarga di Luwu Utara, Dua Rumah Dibakar

Senin, 13 Oktober 2014 - 04:33 WIB
Bentrok Antarwarga di Luwu Utara, Dua Rumah Dibakar
Bentrok Antarwarga di Luwu Utara, Dua Rumah Dibakar
A A A
LUWU UTARA - Bentrok susulan yang dikhawatirkan warga kembali pecah di Kecamatan Bone-Bone, Luwu Utara Senin dini hari (13/10/2014). Akibatnya dua rumah warga hangus dibakar massa.

Regu pemadam dan aparat keamanan tiba di lokasi, saat rumah tersebut sudah hampir rata dengan tanah akibat dilalap api.

Namun kendati sudah melakukan penyemprotan dua buah rumah warga tersebut tidak bisa diselamatkan. Regu pemadam tidak bisa leluasa masuk untuk melakukan pemadaman lantaran takut terkena busur panah dan Paporro dari warga yang bertikai. Selain itu situasi yang gelap membuat ruang gerak menjadi terbatas.

Pembakaran rumah di Bone-Bone ini membuat petugas keamanan terkecoh karena diluar dugaan bentrok susulan ini ternyata terjadi di wilayah lokasi yang berbeda.

Bentrokan ini semakin memperjelas adanya sentimen etnis tertentu di Luwu Utara yang mana rumah warga suku tertentu yang menjadi sasaran pembakaran warga pribumi.

Kemarahan warga pribumi ini lantaran tidak terima rumah tokoh adat dan tokoh masyarakat di Desa Karangan dibakar etnis tertentu pada bentrokan Sabtu malam 11 Oktober lalu.

Sehingga secara spontan terjadi aksi warga pribumi yang menyerang rumah warga etnis tertentu yang banyak tersebar di berbagai kecamatan di Luwu Utara.

Kondisi ini semestinya harus cepat disikapi aparat keamanan setidaknya sudah melakukan evakuasi terhadap etnis tertentu ke lokasi yang aman.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6060 seconds (0.1#10.140)