Ratusan Karyawan Es Krim Mogok Kerja

Kamis, 09 Oktober 2014 - 19:38 WIB
Ratusan Karyawan Es Krim Mogok Kerja
Ratusan Karyawan Es Krim Mogok Kerja
A A A
CIMAHI - Seluruh karyawan PT Sukanda Djaya yang berlokasi di Jalan Cihanjuang No 33 Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat, kembali melakukan aksi mogok kerja.

Sebelumnya, demonstrasi dilakukan pada 25 Agustus 2014 yang berujung pada pemecatan dua karyawan yang diduga sebagai provokator.

Mogok kerja pada hari Kamis (9/10/2014) dilakukan di depan pintu gerbang perusahaan dengan berorasi, menuntut kenaikan gaji dan kejelasan nasib mereka sesuai dengan undang-undang tenaga kerja .

PT Sukanda Djaya merupakan perusahaan distributor dari perusahaan PT Diamond - Jakarta, perusahaan terkemuka yang memproduksi es krim, nugget dan sosis berlogo berlian itu. Perusahaan tersebut selama ini mempekerjakan 160 orang karyawan.

Ratusan karyawan juga sempat melakukan aksi memukul-mukul gerbang perusahaan. Ketegangan terjadi saat pihak perusahaan melarang karyawan menempelkan kertas karton yang berisi tuntutan mereka di pintu gerbang perusahaan.

Aksi ratusan karyawan baru berhenti setelah petugas kepolisian berhasil melakukan perundingan dengan pengunjuk rasa.

Koordinator Unjuk Rasa, Asep Djamaludin mengatakan, aksi buruh ini merupakan kelanjutan dari aksi sebelumnya yang dilakukan sejumlah karyawan. Menurut dia, pihak perusahaan belum bersedia melakukan perundingan untuk mencapai kesepakatan.

"Perusahaan belum mau melakukan perundingan sampai karyawan ini kembali bekerja," katanya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Sosial Benny Bachtiar mengaku telah memfasilitasi kedua belah pihak untuk melakukan perundingan. "Namun perundingan antara karyawan dan perusahaan masih buntu," ujarnya.
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4166 seconds (0.1#10.140)