Warga Temukan Tiga Senpi Laras Panjang dalam Goa Batu

Minggu, 28 September 2014 - 17:53 WIB
Warga Temukan Tiga Senpi Laras Panjang dalam Goa Batu
Warga Temukan Tiga Senpi Laras Panjang dalam Goa Batu
A A A
PAREPARE - Tiga pucuk senjata api (senpi) laras panjang ditemukan warga dalam goa batu di Kampung Lamaubeng, Lompoe, Bacukiki, Parepare, Sabtu 27 September 2014.

Selain tiga pucuk senpi laras panjang warga juga menemukan 13 proyektil peluru tajam ukuran 5.9 MM, serta uang koin 25 sen peninggalan tahun 1957 dalam goa batu tersebut.

"Kami sedang berburu babi hutan, saat melihat goa batu yang mirip sarang babi. Setelah kami periksa, ternyata menemukan tiga pucuk senpi laras panjang," kata Ardi, warga setempat yang menemukan senpi tersebut.

Ardi mengaku, senpi laras panjang tersebut sempat ditaruh dalam rumahnya, kemudian akhirnya melaporkan temuannya itu ke kepolisian.

"Sempat kami simpan di rumah sebelum akhirnya kami laporkan ke pihak kepolisian," kata dia. Oleh pihak kepolisian, tiga senpi laras panjang tersebut satu diantaranya masih aktif. Namun, untuk kepentingan penyelidikan, polisi kemudian membawanya untuk diperiksa di unit laboratorium Forensik Polres Parepare.

"Kita dapat informasi warga, kami turun dan langsung mengamankan barang-barang tersebut," kata Kasat Reskrim Polresta Parepare, AKP Anugrah Pamungkas.

Anugrah menduga, tiga senpi laras panjang yang ditemukan warga di goa batu tersebut adalah peninggalan para gerilyawan yang kala itu aktif usai kemerdekaan RI tahun 1945.

"Dilihat dari kondisi dan jenisnya, senjata temuan warga tersebut diduga peninggalan para gerilyawan bersenjata dimasanya," ungkapnya.

Penemuan senjata ini sempat menjadi tontonan warga. Bahkan, adapula yang mengabadikannya dengan kamera ponsel mereka.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, warga Lumpue, Kecamatan Bacuiki, juga telah menemukan sejumlah granat aktif disebuah rumah kosong yang ada di wilayah tersebut.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5101 seconds (0.1#10.140)