Anggota TNI Tewas Ditembak Kelompok Sipil Bersenjata

Jum'at, 26 September 2014 - 14:36 WIB
Anggota TNI Tewas Ditembak Kelompok Sipil Bersenjata
Anggota TNI Tewas Ditembak Kelompok Sipil Bersenjata
A A A
PAPUA - Aksi pembunuhan terhadap anggota TNI, di Papua, kembali terjadi. Anggota Kompi Senapan B Yonif 751 Raider Pratu Abraham Rumandas ditembak mati oleh sekelompok sipil bersenjata, di Pasar Ilaga Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak Jaya.

Selain itu, senjata milik korban berjenis SS1 dirampas oleh pelaku. Jenazah korban telah dievakuasi ke Markas Besar (Mabes) Yonif 751 Raider, di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Aksi pembunuhan dilakukan saat korban melakukan pengamanan pelantikan Kepala Distrik Ilaga. Namun begitu, situasi di lokasi kejadian telah kondusif, dan aparat TNI yang dibantu oleh kepolisian, masih mengejar pelaku penembakan.

Sebelumnya, korban dan dua rekannya bernama Pratu Zulkarnain, dan Pratu Akbar, selaku Tim Garuda 4 Satgas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Yonif 751 Raider yang bertugas mengamankan pelantikan Kepala Distrik Ilaga.

Secara tiba-tiba, tiga orang mendatangi Pratu Abraham yang berdiri di samping mobil dengan membawa dua pucuk laras panjang jenis M16 langsung menembaki korban dan mengenai kepala, serta lengan kanannya.

Setelah korban jatuh tersungkur ke tanah, pelaku langsung mengambil senjata milik korban jenis SS1, dan membawanya kabur.

Korban yang sudah tidak sadarkan diri, lalu dibawa ke Puskesmas Ilaga, dan dievakuasi ke Sentani dengan menggunakan pesawat Pegasus PK-ICC. Kemudian, korban dibawa ke Mabes Yonif 751 Raider Sentani, guna disemayamkan.

Rencananya, besok jenazah korban akan diterbangkan ke rumah duka, di Manokwari, dengan menggunakan pesawat Sriwijaya. Sebelum tewas, Abraham mempunyai pangkat Prada. Sebagai penghargaan, negara menaikkan pangkat Abraham jadi Pratu.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8023 seconds (0.1#10.140)