Perampok Berpistol Gasak 6 Kg Emas

Minggu, 21 September 2014 - 22:05 WIB
Perampok Berpistol Gasak 6 Kg Emas
Perampok Berpistol Gasak 6 Kg Emas
A A A
BREBES - Perampok berpistol berhasil menggasak 6 kilogram (Kg) emas saat menyatroni Toko Mas Surya Kencana di Pasar Banjaratma, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes, Minggu (21/9/2014).

Informasi yang dihimpun, aksi perampok berpistol yang menggasak 6 Kg emas itu terjadi sekitar pukul 13.30 WIB.

Perampok berpistol yang menggasak 6 Kg emas datang dengan mengendarai tiga sepeda motor. Setiba di toko, dua orang pelaku berjaga di depan toko, sementara empat orang lainnya langsung merangsek masuk ke dalam toko.

Dua orang di antaranya masuk sambil menodongkan pistol ke arah karyawaan yang ada di dalam toko.

Melihat para karyawan sudah tak berkutik, pelaku lainnya langsung menguras berbagai jenis emas seberat 6 Kg yang ada di dalam etalase. Aksi para pelaku berlangsung cukup cepat.

Setelah berhasil menguras isi toko, para pelaku langsung kabur ke arah selatan yang menuju ke arah Pasar Sitanggal.

Tak beberapa lama kemudian, sejumlah polisi dari Polsek Bulakamba dan Polres Brebes tiba di lokasi dan langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Salah seorang saksi mata, Lukmanul Hakim (51) menuturkan, saat kejadian kondisi di sekitar toko wmas tengah sepi karena sebagian besar warga yang beraktivitas di pasar sudah berangsur berkurang.

"Saya tidak tahu datangnya pelaku tapi tahu-tahu mereka sudah sampai di depan toko, datangnya pakai sepeda motor," kata tukang sol sepatu itu saat ditemui di lokasi.

Menurut Lukman, yang saat itu tengah berada di jarak sekitar 50 meter dari toko, para pelaku seluruhnya memakai jaket dan penutup muka sehingga wajahnya tidak terlihat.

"Ada enam orang yang datang, dua orang bawa pistol dan langsung menodongkannya ke karyawan toko," ujarnya.

Dari pengamatan Lukman, di dalam toko terdapat sekitar 10 orang karyawan dan juga pemilik toko, Andi Wijaya (35) warga Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 37, Slawi, Kabupaten Tegal.

Mereka tidak bisa berbuat banyak karena ditodong pistol. Warga yang ada di sekitar toko juga tidak ada yang berani mendekat karena begitu keluar dari toko, salah seorang pelaku meletuskan pistol untuk menakut-nakuti warga. "Pas keluar ada bunyi pistol satu kali. Emasnya dibawa pakai sarung," imbuh dia.

Kasat Reskrim Polres Brebes AKP Subhan mengatakan, dari pemeriksaan pemilik toko, pelaku berhasil membawa kabur berbagai jenis emas seberat sekitar 6 Kg.

"Yang dibawa kalung dan gelang, jumlahnya ada 6 Kg. Berapa nilai total kerugiannya masih kami hitung," kata Subhan saat dihubungi, Minggu (21/9/2014).

Menurut Subhan, para pelaku menguras isi etalase toko dengan bantuan karyawan toko yang ditodong pistol sehingga tidak sampai memecahkan kaca etalase.

Setelah melakukan aksinya, pelaku kemudian kabur ke arah selatan. "Ke arah selatannya mana masih kami selidiki," ucapnya.

Subhan menyatakan pihaknya masih akan melakukan olah TKP untuk kedua kalinya di lokasi kejadian.

Hal ini untuk memastikan kronologis kejadian termasuk dari arah mana para pelaku datang. "Kami sudah kantongi ciri-ciri sepeda motor pelaku, tapi belum bisa saya ungkapkan karena untuk penyelidikan," imbuhnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.5125 seconds (0.1#10.140)