Batu Candi di Pulerejo dari Abad ke-9 Masehi

Jum'at, 19 September 2014 - 16:21 WIB
Batu Candi di Pulerejo dari Abad ke-9 Masehi
Batu Candi di Pulerejo dari Abad ke-9 Masehi
A A A
SLEMAN - Batu relief hiasan pada ambang pintu masuk candi yang ditemukan warga, di Dusun Pulerejo, RT4/2, Bokoharjo, Prambanan, diperkirakan berasal dari abad ke-9 Masehi, atau seumuran dengan usia Candi Prambanan.

Kasi Pelindungan Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta Wahyu Astuti mengatakan, hiasan ambang pintu candi yang ditemukan memiliki panjang 162 centimeter (cm), lebar 36 cm, dan tinggi 58 cm.

"Temuan ini merupakan yang terbaik untuk tahun 2014. Kita akan lakukan penelitian, apakah itu masuk cagar budaya atau bukan, tapi dilihat batunya itu cagar budaya," katanya, kepada wartawan, Jumat (19/9/2014).

Menurut dia, karena sekitar lokasi temuan tak jauh dari kawasan candi, seperti Candi Sewu, maupun Candi Prambanan, diperkirakan batu hiasan itu dulunya terbawa air. Temuan itu pun direncanakan akan dikirim ke Prambanan untuk diteliti.

"Warga yang menemukan akan diberikan penghargaan. Nanti temuan itu akan disimpan untuk menjadi koleksi kami (BPCB Yogyakarta)," tandasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6966 seconds (0.1#10.140)