Truk Kecelakaan, Penyelundupan 79 Kera Terbongkar

Kamis, 18 September 2014 - 15:39 WIB
Truk Kecelakaan, Penyelundupan 79 Kera Terbongkar
Truk Kecelakaan, Penyelundupan 79 Kera Terbongkar
A A A
SERANG - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam wilayah 1 Serang berhasil menyita 79 ekor kera asal Sumatera yang akan diselundupkan ke daerah Jakarta, Kamis (18/9/2014)

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Sindonews.com petugas berhasil mengamankan kera buntut panjang yang disimpan di dalam bok dengan ditutupi pisang untuk mengelabuhi petugas.

Terbongkarnya penyelundupan ini berawal dari truk pembawa kera BE 9842 VF mengalami kecelakaan di Tol Belaraja Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Sebelumnya petugas sudah mengintai saat truk memasuki Pelabuahan Merak, namun nahas truk pembawa hewan yang dilindungi ini mengalami kecelakaan menabrak mobil kontainer, akibatnya sopir dan kerneknya mengalami luka yang cukup parah.

"Kami sudah mata-matai, kami intai terus. Karena dalam pengejaran keliatannya sopir tidak konsentrasi membawa mobil akhirnya tabrakan," kata Kepala Seksi Konservasi Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Wilayah I Serang Andri Ginson kepada wartawan di Kota Serang.

Dia juga menjelaskan untuk mengelabuhi petugas, kera disembunyikan dibawah tumpukan buah buahan dan dibilang modus baru untuk menyelundupkan kera ke Pulau Jawa.

“Kita menduga kuat puluhan kera ini akan dijual untuk keperluan rumah-makan karena otaknya mengandung gizi,” jelasnya.

Para pelaku penyelundupan dapat diancam dengan denda sebesar Rp250 juta karena melanggar Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7577 seconds (0.1#10.140)