Demi Air Bersih, Warga Cilacap Rela Antre

Minggu, 07 September 2014 - 11:53 WIB
Demi Air Bersih, Warga Cilacap Rela Antre
Demi Air Bersih, Warga Cilacap Rela Antre
A A A
CILACAP - Kesulitan air bersih akibat musim kemarau mulai dirasakan warga Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Untuk mendapatkan air bersih demi kebutuhan sehari-hari, warga harus antre berjam-jam di sumber mata air karena sumur warga mulai mengering.

Musim kemarau yang terjadi di wilayah Cilacap, Jawa Tengah, mengakibatkan sejumlah desa mengalami krisis air bersih, seperti yang dialami warga Desa Pesahangan, Kecamatan Cimanggu.

Mereka harus rela mengantre hingga berjam-jam untuk mendapatkan air bersih di sumber mata air. Sebab, musim kemarau ini membuat sumur warga mulai mengering.

Dengan menggunakan alat seadanya, warga mengambil air di satu-satunya mata air yang masih mengeluarkan air. Air yang didapat dari mata air ini digunakan warga untuk kebutuhan memasak dan minum. Ironisnya, mata air satu-satunya tumpuan warga untuk mendapatkan pasokan air bersih ini sudah mulai mengering.

Tak hanya orang tua, anak-anak pun membantu mencari air bersih. Menurut Sumarno, salah seorang warga, kesulitan air bersih ini sudah dialami warga sejak satu bulan terakhir.

Sementara itu, untuk kebutuhan mandi dan mencuci, warga memanfaatkan sungai yang masih teraliri air. Krisis air bersih yang dialami warga ini diperkirakan semakin meluas, mengingat saat ini baru memasuki musim kemarau.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8763 seconds (0.1#10.140)