Satpol PP Denpasar Buru Bos Gepeng

Selasa, 02 September 2014 - 05:40 WIB
Satpol PP Denpasar Buru Bos Gepeng
Satpol PP Denpasar Buru Bos Gepeng
A A A
DENPASAR - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Denpasar memburu Cak Suri, yang diduga bos gelandangan dan pengemis (gepeng).

Saat ini, Satpol PP Kota Denpasar memang gencar melakukan razia terhadap gepeng dan pengamen jalanan yang berkeliaran di seputar wilayah Kota Denpasar.

Kepala Satpol PP Kota Denpasar IB Wiradana mengatakan, dari hasil razia terakhir, petugas berhasil mengamankan satu orang gepeng yakni Didi Suwandi (30), asal Situbondo, Jawa Timur.

Didi Suwandi mengaku bahwa dirinya baru dua hari tinggal di Bali. Itu pun karena dipaksa temannya, Cak Suri, dengan iming-iming bekerja bagus dan pengasilan yang lumayan besar. Dirinya sempat menolak ajakan Cak Suri, tapi karena dikontrak dan uang Rp300 ribu telah diberikan ke istrinya, dia terpaksa ikut Cak Suri ke Bali. Pekerjaan yang dijanjikan bagus, ternyata menjadi pengemis.

"Kalau saya tahu menjadi pengemis pasti saya tolak," kata Didi yang sehari-harinya bekerja sebagai petani.

Didi tinggal di sebuah rumah kos yang berada di wilayah Ubung, Denpasar. Selain dirinya, masih ada empat orang lagi yang dipekerjakan sebagai pengemis oleh Cak Suri. Ia dan empat temannya mengemis mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WITA

"Saya baru dua hari di sini dan hasil yang sudah lumayan banyak. Sehari saya mendapatkan uang sebanyak Rp200 ribu dan dibagi dua. Saya dapat seratus, Cak Suri seratus. Namun hasil pembagian saya lagi dipotong Rp30 ribu, katanya untuk biaya operasional," ujar bapak satu anak ini.

Sementara Kepala Satpol PP Kota Denpasar IB Wiradana mengatakan, petugas Satpol PP menangkap Didi Suwandi sedang mengemis di perbatasan Hyang Batu, Jalan Kamboja Minggu (31/8/2014) pada pukul 09.00 WITA.

Setelah diamankan, Didi Suwandi ternyata tidak memiliki kartu identitas. Didi sempat melarikan diri. Tapi, petugas Satpol PP menangkapnya kembali. Satpol PP akan menyerahkan Didi ke Dinas Sosial agar diberikan pembinaan dan dipulangkan ke daerah asalnya.

Dari hasil interogasi, Didi adalah orang yang dipekerjakan oleh Cak Suri. Selain Didi, ada empat orang lainnya yang dipekerjakan sebagai pengemis. Satpol PP Denpasar pun mencari empat orang yang masih berkeliaran di wilayah Kota Denpasar. Yang terpenting, Satpol PP akan mencari orang yang mempekerjakan gepeng tersebut.

Dari informasi yang didapat, Cak Suri tinggal di Ubung Denpasar. "Yang utama yang kami lakukan adalah menangkap Cak Suri yang telah memperkerjakan mereka sebagai gepeng," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1870 seconds (0.1#10.140)