SDN Cijaralang 2 Cicadas dan Kemiskinan di Banten

Rabu, 27 Agustus 2014 - 14:47 WIB
SDN Cijaralang 2 Cicadas dan Kemiskinan di Banten
SDN Cijaralang 2 Cicadas dan Kemiskinan di Banten
A A A
PANDEGLANG - Kemiskinan yang menyelimuti Banten sejak zaman Multatuli hingga kini masih belum banyak berubah, kecuali para pejabatnya yang bertambah kaya dan hidup seperti raja.

Lihat saja bangunan SDN Cijaralang 2 Kampung Cicadas, di Desa Cijaralang, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang. Sekolah yang terbuat dari gubuk ini, terlihat seperti kandang ayam.

Padahal, kemiskinan yang digambarkan Multatuli dalam karyanya Max Havelaar sudah ratusan tahun berlalu. Zaman kolonial Belanda juga telah rubuh, dan Republik Indonesia telah lama berdiri.

Presiden sudah berganti, Gubernur Banten juga beberapa kali berganti bahkan ada yang masuk bui, bupati, dan pejabat daerah semua berganti. Namun, tidak demikian dengan SDN Cijaralang 2 Cicadas. Sekolah ini tetap miskin, siapapun pemimpinnya.

"Kondisi sekolah belum berganti sejak tahun 2009 dibangun oleh swadaya masyarakat. Kasihan anak sekolah, dengan kondisi kaya gini, negara doang yang merdeka, kondisi disini belum merdeka," ujar Enjat (55), warga sekitar, kepada Sindonews, Rabu (27/8/2014).

Sekolah gubuk yang saat ini digunakan sebenarnya dibangun di halaman rumah warga yang sukalera mengijinkan proses belajar mengajar di samping rumah. Warga sekitar juga telah memberikan sepetak tanahnya untuk dibangun gedung sekolah.

"Sebenarnya kita sudah punya tanah dari warga untuk membangun gedung sekolah baru yang siap digunakan," ungkap Haitami, salah seorang guru SDN Cijaralang 2 Cicadas.

SDN Cijalarang 2 sendiri memiliki siswa 90 orang, terdiri dari siswa kelas 1 sebanyak 13, kelas 2 sebanyak 12, kelas 3 sebanyak 10, kelas 4 sebanyak 11, kelas 5 sebanyak 12, dan kelas 6 sebanyak 26 orang.

"Kalau kelasnya kaya gini, kasihan sama siswa kelas 6 pak, apalagi nanti menghadapi ujian, belajarnya kurang nyaman," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4538 seconds (0.1#10.140)