Siswa SDN Cijaralang 2 Belajar di Gubuk

Rabu, 27 Agustus 2014 - 11:25 WIB
Siswa SDN Cijaralang 2 Belajar di Gubuk
Siswa SDN Cijaralang 2 Belajar di Gubuk
A A A
PANDEGLANG - Puluhan siswa SDN Cijaralang 2, Kampung Cicadas, Desa Cijaralang, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, harus belajar di gubuk yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Sejak tahun 2009, SDN Cijaralang 2 ini berdinding anyaman bambu dan berlantai tanah. Atap untuk melindungi murid-muridnya dari hujan dan panas cuma terbuat dari rumbia, persis seperti kandang hewan. Jumlah kelas hanya ada empat ruangan, dengan pembatas bilik bambu. Sementara, siswa dua kelas harus belajar di rumah warga.

"Awalnya gubuk ini dibangun atas swadaya masyarakat. Kalau kondisi seperti ini sudah sejak lima tahun yang lalu, tapi belum ada perbaikan dari pemerintah," kata salah satu guru, Haitami kepada Sindonews.com, Rabu (27/8/2014)

Guru yang sudah mengabdi sejak berdirinya SDN Cijaralang 2 ini juga menceritakan, bila musim hujan, puluhan siswa yang kebanyakan dari warga sekitar mesti rela belajar di dalam rumah warga dengan berdesak-desakan. Bahkan, dapur rumah pun digunakan untuk proses belajar mengajar.

"Saya kasihan sama anak anak kalau musim hujan mesti ngungsi ke rumah warga yang sukarela ditempati. Belajarnya juga tidak kondusif, Mas. Enam kelas dijadikan satu ruangan," ujar Haitami.

Dari tahun ke tahun, orangtua yang mendaftarkan anaknya belajar di SDN Cijaralang 2 semakin sedikit. "Lebih banyak orangtua yang menyekolahkan anaknya ke sekolah lain dengan kondisi yang sudah bagus walaupun jaraknya jauh dari rumahnya," tuturnya.

Walaupun kondisi sekolah yang memiliki enam guru dan 90 siswa ini sudah sangat memprihatinkan, Pemerintah Kabupaten Pandeglang maupun Provinsi Banten belum berencana membangun gedung sekolah yang permanen.

"Alhamdulillah dari UPT (Unit Pelaksana Teknis) sudah ke sini, dari jauh-jauh hari sudah banyak yang meninjau. Tapi Alhamdulillah sampai saat ini kondisinya masih gubuk," jelas Haitami.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2957 seconds (0.1#10.140)