Usulkan Pemekaran, Ribuan Warga Datangi DPRD Sumba Timur

Selasa, 26 Agustus 2014 - 13:36 WIB
Usulkan Pemekaran, Ribuan Warga Datangi DPRD Sumba Timur
Usulkan Pemekaran, Ribuan Warga Datangi DPRD Sumba Timur
A A A
WAINGAPU - Sekitar dua ribuan orang yang didominasi para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan, mendatangi Gedung DPRD Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Mereka menuntut pemekaran daerah.

Ribuan warga datang dalam tiga gelombang, dengan konvoi kendaraan roda dua dan roda empat menyusuri sejumlah jalan protokol di Kota Waingapu. Adapun tiga gelombang konvoi itu berasal dari sejumlah kecamatan yang ada di Sumba Timur.

Kedatangan ketiga kelompok warga yang mengenakan pakaian adat khas Sumba Timur yang didominasi kain dan sarung tenun ikat itu untuk mengantar dokumen usulan daerah otonomi baru (DOB) atau pemekaran kabupaten.

Tiga DOB yang diusulkan yakni Kabupaten Sumba Timur Jaya, Kabupaten Sumba Selatan, dan Kabupaten Pahunga Lodu. Tiga usulan DOB itu merupakan pemekaran dari Kabupaten Sumba Timur.

Dokumen usulan tiga DOB itu kemudian diserahkan ke DPRD setempat yang pada saat bersamaan menggelar sidang penutupan pembahasan perubahan APBD. Penyerahan dokumen usulan DOB itu diawali dengan pembacaan dan penandatanganan berita acara.

Dokumen kemudian diserahkan pada Palulu P. Ndima, selaku Ketua DPRD dan Gidion Mbiliyora, selaku Bupati Sumba Timur. Dokumen DOB diserahkan oleh Umbu Bora mewakili DOB Sumba Timur Jaya, Umbu Tunggu Djama mewakili DOB Sumba Selatan, dan Rambu Lika Atahumba mewakili DOB Pahunga Lodu.

"Kami masih akan meneliti kembali kelengkapan dokumen yang dimasukkan. Setelah itu jika sudah lengkap tentunya akan kami masukkan dan usulkan bersama DPRD ke Kemendagri," kata Bupati Sumba Timur Gidion Mbiliyora.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3990 seconds (0.1#10.140)