Siswa SDN Longkek 4 Bangkalan Dihantui Plafon Ambruk

Selasa, 26 Agustus 2014 - 09:31 WIB
Siswa SDN Longkek 4 Bangkalan Dihantui Plafon Ambruk
Siswa SDN Longkek 4 Bangkalan Dihantui Plafon Ambruk
A A A
BANGKALAN - Puluhan siswa SDN Longkek 4, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, terpaksa mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) sambil menahan rasa takut. Plafon ruang kelas sudah banyak yang ambruk.

Ruang kelas yang ditempati memang sudah tidak layak dipakai. Sebagian plafon sudah ambruk. Bahkan, pihak sekolah memasang beberapa penyangga dari bambu di ruang kelas agar gedung tidak ambruk.

Rusaknya plafon tersebut karena gedung sekolah sudah berusia tua. Namun, sejak dibangun belum pernah direhab karena tidak adanya anggaran. Para wali murid dan masyarakat mendesak supaya gedung ini segera diperbaiki, supaya siswa bisa belajar dengan tenang tanpa dihantui rasa takut plafon akan ambruk.

"Kinerja dinas pendidikan semakin tidak profesional. Miliaran rupiah anggaran dari APBD dan APBN untuk pembangunan atau rehab gedung SDN. Rupanya masih banyak gedung SDN yang kondisinya memprihatinkan dan rusak berat," terang Direktur LSM Madura Corruption Watch (MCW) Syukur, Selasa (26/8/2014).

Menurutnya, salah satu gedung SD yang tidak layak dipakai yakni SDN Longkek 4, Galis. Di sekolah tersebut plafonnya sudah mulai runtuh. Bahkan, supaya bisa tetap bertahan dipasang penyangga.

"Seharusnya gedung itu direhab atau dibangun, karena sudah waktunya. Penyangga yang dipasang ini hanya bersifat sementara. Kami takut plafon dan atap ambruk dan menimpa siswa."

Ia menambahkan, dinas pendidikan harus segera memperbaiki gedung yang sudah mulai rusak sebelum ada korban. Pada tahun 2014 ini, anggaran yang dialokasikan untuk DAK sekitar Rp43 miliar.

"Dana sebanyak itu untuk perbaikan gedung yang ada di Bangkalan. Kami berharap SDN Longkek 4 yang rusak mendapatkan prioritas untuk perbaikan."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4976 seconds (0.1#10.140)