Rekonstruksi Pembunuhan Alumni Unpar, 71 Adegan Diperagakan Ryan

Jum'at, 22 Agustus 2014 - 13:57 WIB
Rekonstruksi Pembunuhan Alumni Unpar, 71 Adegan Diperagakan Ryan
Rekonstruksi Pembunuhan Alumni Unpar, 71 Adegan Diperagakan Ryan
A A A
BANDUNG - Pihak Satreskrim Polrestabes Bandung menggelar rekonstruksi pembunuhan alumni Universitas Parahyangan (Unpar), Rudianto, yang dilakukan oleh teman penyuka sesama jenisnya, Ryan Bella Perdana. Rekonstruksi digelar di Jalan Rancabentang II No 1, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung.

Dalam rekonstruksi pembunuhan alumni Unpar itu, Ryan yang mengenakan penutup wajah dan berbaju tahanan warna oranye memperagakan 71 adegan, mulai dari pertemuannya dengan korban hingga proses eksekusi di tempat kos korban di Rancabentang.

Awalnya, rekonstruksi pembunuhan alumni Unpar itu dilakukan di sebuah minimarket yang tak jauh dari te‎mpat kos korban. Di tempat tersebut, untuk pertama kalinya tersangka dan korban bertemu setelah sebelumnya hanya saling mengenal melalui Whats App.

Selanjutnya, adegan berlanjut ‎ke tempat kos korban. Di tempat itu, Ryan memperagakan saat dirinya bercengkerama dan korban mulai memijit dirinya. Saat korban menempelkan badannya ke tersangka, ada upaya pemberontakan. Akhirnya, korban mengambil pisau dan menodongkannya kepada Ryan agar mau melayaninya berhubungan badan.

Ryan yang tak terima langsung mendorong korban dan hendak kabur. Namun, saat itu dia melihat sebongkah batu, yang akhirnya digunakan untuk memukul ke arah wajah korban. Dalam kondisi masih bernyawa, Ryan yang tengah emosi ‎langsung menjerat korban dengan kabel laptop.

Akhirnya Ryan menusuk korban dengan pisau yang semula digunakan untuk mengancam dirinya ke arah dada dan perut. ‎Tak sampai di situ, dalam adegan selanjutnya Ryan memperagakan detik-detik korban dibakar dengan cara disiram sebuah cairan yang berada di dalam botol yang ada di atas meja. Cairan itu berisi alkohol 40 persen.

Selain menyiramkan alkohol tersebut ke tubuh korban, Ryan menyiramkan cairan tersebut ke kasur korban lalu mulai membakarnya dengan korek api gas. Dan, saat api masih menyala, Ryan pun langsung kabur dan membawa sejumlah barang bukti dan barang berharga korban seperti HP dan dompet.

Adegan terakhir adalah saat Ryan membuang sejumlah barang bukti di Jalan Siliwangi dan Jalan LL RE Martadinata.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Nugroho Arianto mengatakan, dalam rekonstruksi pembunuhan alumni Unpar itu, Ryan memperagakan 71 adegan. "Rekonstruksi ini dimaksud untuk mengetahui bagaimana tersangka melakukan kegiatannya (pembunuhan)," jelas Nugroho, Jumat (22/8/2014).

Soal motif, lanjut Nugroho, Ryan melakukan pembunuhan sadis tersebut ‎lantaran dirinya menolak hubungan badan ‎dengan korban yang berujung pada pengancaman. Namun lantaran panik dan ingin menghilangkan jejak, dia pun membakar tubuh korban dan lokasi pembunuhan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7696 seconds (0.1#10.140)