Bendera Merah Putih Raksasa Diarak 100 Banser

Senin, 18 Agustus 2014 - 18:51 WIB
Bendera Merah Putih Raksasa Diarak 100 Banser
Bendera Merah Putih Raksasa Diarak 100 Banser
A A A
BANGKALAN - Sebanyak 100 banser mengarak bendera merah putih raksasa dalam pawai kemerdekaan RI di Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Senin (18/8/2014). Mereka mengarak bendera raksasa ini sejauh 3 kilometer (km).

Bendera merah putih itu mempunyai panjang 45 meter dengan lebar 3,4 meter (1,7 meter warna putih dan 1,7 meter warna merah). Ini bukan bendera merah putih biasa, tetapi ada makna tersendiri.

Bila dilihat dari panjang bendera menandakan tahun kemerdekaan RI yakni 1945. Kemudian lebar bendera untuk warna merah dan putih menandakan tanggal kemerdekaan adalah 17 Agustus. Kegiatan tersebut digelar oleh Forum Arosbaya Bersatu (FAB).

Masyarakat sangat antusias melihat pawai kemerdekaan. Disisi jalan yang dilewati pawai banyak warga menunggu untuk melihat secara langsung. Mereka penasaran dengan adanya bendera raksasa.

Pembina FAB, Achmad Dori, menyatakan, kegiatan pawai kemerdekaan dilakukan dalam menyambut hari kemerdekaan RI ke 69. Salah satu peserta pawai ada yang membawa bendera raksasa.

"Ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kembali rasa nasionalisme masyarakat terhadap bangsa Indonesia. Sebab, akhir-akhir ini rasa nasionalisme warga mulai luntur," timpal Dori.

Menurut Dori, pawai sendiri diikuti sekira 50 kelompok diantaranya Ansor atau banser, karang taruna, SMP, SMA dan Puskemas setempat. Mereka start dan finish di depan kantor UPT Dinas Pendidikan Arosbaya, Bangkalan.

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat setempat, Mahmudi, menyatakan, dirinya sangat mendukung adanya pawai kemerdekaan. Apalagi salah satu peserta membawa bendera raksasa.

"Semoga dengan adanya pawai ini bisa semakin menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat," pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1722 seconds (0.1#10.140)