TMP Pekanbaru Akan Digusur Jadi Mal

Minggu, 17 Agustus 2014 - 17:48 WIB
TMP Pekanbaru Akan Digusur Jadi Mal
TMP Pekanbaru Akan Digusur Jadi Mal
A A A
PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berencana menggusur Taman Makam Pahlawan (TMP) Pekanbaru. Rencana yang digagas Gubernur Riau Annas Maamun itu langsung ditolak pihak keluarga pejuang kemerdekaan.

"Kita sangat menolak ada wacana akan menggusur makam pahlawan. Kita sangat tidak setuju dan meminta Pemprov Riau membatalkan rencana itu," kata Nana (21), cucu dari pejuang, ditemui saat berjiarah di TMP Pekanbaru, Minggu (17/8/2014).

Nana mengaku, setiap 17 Agustus, dia sekeluarga selalu berziarah ke TMP Pekanbaru. Ini dilakukan sejak kakeknya yang seorang veteran meninggal sekitar lima tahun lalu.

Dia mengaku tidak bisa membayangkan jika tulang belulang para pahlawan itu digali, apalagi pakai alat berat untuk dipindahkan ke tempat lain.

"Sangat sedih dan sulit dibayangkan, kalau TMP digusur. Kalau pemerintah mau bangun tempat gedung, kan bisa di tempat lain. Jangan makam pahlawan, ini saya nilai tidak menghormati jasa pahlawan," terangnya.

Sebelumnya, Gubernur Riau Annas Maamun menyampaikan keinginan untuk menggusur TMP Nasional Kesuma Darma Pekanbaru yang ada di jantung Kota Pekanbaru. Kabar yang beredar, kuburan para pejuang ini akan dibangun pusat perbelanjaan.

"Kita akan mencari tempat pengganti (makam pahlawan) dengan tempat yang lebih luas, antara 6 sampai 10 hektar," kata Annas Maamun.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.5711 seconds (0.1#10.140)