Kuota Pendaki Semeru Ditambah Menjadi Seribu

Kamis, 14 Agustus 2014 - 10:59 WIB
Kuota Pendaki Semeru Ditambah Menjadi Seribu
Kuota Pendaki Semeru Ditambah Menjadi Seribu
A A A
MALANG - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menambah kuota pendaki pada momen perayaan HUT ke-69 RI. Pihak TNBTS menambah kuota pendaki menjadi 1.000 orang per hari selama empat hari terhitung tanggal 14-17 Agustus 2014.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Ayu Dewi Utari mengatakan, khusus tanggal 14-17 Agustus, kuota dibuka 1.000 orang atau 500 orang untuk pendaki yang langsung ke Ranupani. "Kuota booking online tetap 500 orang per hari," kata Ayu, Kamis (14/8/2014).

Ayu menambahkan, pelaksanaan upacara kemerdekaan akan dilangsungkan di Ranupani, Ranukumbolo, dan Kalimati. Tidak direkomendasikan upacara di puncak Mahameru. Ia melarang para pendaki membuat api unggun karena rawan kebakaran mengingat saat ini masuk musim kemarau. "Pengunjung harus bawa sampah kembali turun dan tidak bikin keramaian," katanya.

Pihak TNBTS juga bakal menyiagakan puluhan petugas di masing-masing pos untuk mengantisipasi terjadi sesuatu. Petugas ini gabungan dari beberapa instansi, SAR, maupun relawan yang berjaga dan membantu pengamanan dan medis.

Berdasarkan pantauan, para pendaki yang akan merayakan kemerdekaan di gunung tertinggi di Jawa ini sudah mulai berdatangan, baik menggunakan kendaraaan roda dua maupun menyewa jeep.

Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi dalam laman resminya menyebutkan status Gunung Semeru hingga kini masih waspada sejak Mei 2012. Rekomendasi pendakian hanya dibatasi hingga pos Kalimati dan tidak direkomendasikan menuju puncak.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9840 seconds (0.1#10.140)