Besok, Siswa di Tana Toraja Kembali Masuk Sekolah

Minggu, 03 Agustus 2014 - 14:02 WIB
Besok, Siswa di Tana Toraja Kembali Masuk Sekolah
Besok, Siswa di Tana Toraja Kembali Masuk Sekolah
A A A
MAKALE - Setelah menjalani libur Lebaran, seluruh siswa di Kabupaten Tana Toraja mulai masuk sekolah besok.

"Sesuai dengan kalender pendidikan, usai libur Lebaran, seluruh siswa sekolah di Kabupaten Tana Toraja mulai masuk sekolah tanggal 4 Agustus 2014," ujar Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten Tana Toraja, Yohanis Titting di Makale, Minggu (3/8/2014).

Yohanis mengatakan, besok semua sekolah, mulai Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) dipastikan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di masing-masing sekolah. Sekolah tidak boleh meniadakan kegiatan belajar mengajar pada hari pertama masuk sekolah usai libur Lebaran.

Libur Lebaran yang cukup panjang dinilai sudah digunakan sebaik-baiknya oleh guru dan siswa sekolah. Bukan hanya untuk bersantai tetapi juga dimanfaatkan untuk persiapan masuk sekolah lagi. Dengan begitu, guru dan siswa sudah siap mengikuti kegiatan belajar mengajar saat kembali masuk sekolah.

"Hari pertama masuk sekolah, kegiatan belajar mengajar efektif dilaksanakan di tiap-tiap sekolah. Guru sudah harus siap memberikan pelajaran dan siswa sudah siap belajar di sekolah," ujarnya.

Yohanis mengatakan, Dinas Pendidikan akan memantau langsung ke sekolah-sekolah khususnya sekolah negeri untuk memastikan kegiatan belajar mengajar efektif dilaksanakan. Bagi guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ketahuan bolos mengajar tanpa alasan yang jelas saat hari pertama sekolah terancam diberikan sanksi sesuai dengan aturan kepegawaian.

Sebagai pendidik, guru seharusnya menjadi contoh bagi anak didiknya untuk masuk mengajar tepat waktu. "Kalau guru tepat waktu masuk mengajar siswa pun akan mengikuti masuk sekolah setelah libur," katanya

Yohanis menambahkan, Kurikulum 2013 juga mulai diterapkan di setiap sekolah. Semua guru sekolah di Kabupaten Tana Toraja sudah mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) untuk menerapkan Kurikulum 2013. Selama mengikuti diklat, guru-guru diberi pengetahuan metode pembelajaran Kurikulum 2013 yang akan diterapkan mulai tahun ajaran 2014/2015.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5948 seconds (0.1#10.140)