Danau Toba Berombak Warga Diminta Waspada

Sabtu, 12 Juli 2014 - 02:40 WIB
Danau Toba Berombak Warga Diminta Waspada
Danau Toba Berombak Warga Diminta Waspada
A A A
DOLOKSANGGUL - Akibat cuaca buruk, air Danau Toba bergelombang seperti ambal di lautan. Para pengguna transportasi danau dihimbau untuk ekstra hati-hati.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbahas memastikan bahwa masyarakat di sekitar Danau Toba dalam kondisi aman. Kepala Bagian Humas dan Keprotokolan Pemkab Humbahas, Osbron Siahaan mengatakan pemkab telah mengeluarkan himbauan agar
masyarakat mengurangi aktifitas di Danau.

Sebab peluang gelombang dapat menimbulkan bahaya. Selain itu, pemerintah di kecamatan juga diminta memantau aktifitas warganya disekitar danau. “Kalau warga
dengan kearifan lokal sudah memiliki kemampuan mengatasi gelombang. Namun kita melakukan himbauan agar warga lebih waspada,” jelasnya, Jumat (10/7) di Dolok Sanggul.

Menurut Osbron Siahaan saat ini aktifitas masyarakat di Danau Toba masih tetap tinggi. Sebab umumnya warga di sekitar Baktiraja memiliki aktifitas perekonomian yang tidak bisa dipisakan dari danau.

Umumnya warga mengelola perikanan dengan sistim jaring apung. “Namun sejauh ini kita pastikan aman, karena jaring apung dipasang di tepian danau,” ujarnya.

Salah satu pengelola keramba, Marihot Situmorang (40) mengatakan, gelombang air dikawatirkan akan menganggu perkembangan ikan. Pasalnya pakan ikan akan mudah tergenang sehingga tidak sempat dimakan ikan.

Sementara untuk aktifitas di Danau Toba tidak begitu masalah, karena jaring apung sudah dikelola secara turun temurun. “Kita sudah paham melihat kondisi danau, yang membuat kita bingung bagaimana caranya pakan ikan tidak terganggu akibat gelombang,” katanya.
(ilo)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7135 seconds (0.1#10.140)