PDIP Jagokan Sekda DKI Marullah Sebagai Pj Gubernur Pengganti Anies

Jum'at, 09 September 2022 - 06:01 WIB
loading...
PDIP Jagokan Sekda DKI Marullah Sebagai Pj Gubernur Pengganti Anies
Sekda DKI Marullah Matali masuk dalam radar calon Pj Gubernur DKI Jakarta dan dijagokan F-PDIP DPRD DKI.Foto/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengakui telah mengantongi tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI pengganti Anies Baswedan yang akan dibawa ke Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) untuk dikerucutkan. Fraksi PDIP menjagokan nama Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Matali sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta .

"Sekda DKI Marullah masuk radar calon Pj Gubernur," ungkap Gembong saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (8/9/2022). Dia menuturkan, saat ini pihaknya masih menjaring dua nama ASN (Aparatur Sipil Negera) eksternal Pemprov DKI untuk dibawa ke dalam Rapimgab pembahasan Pj Gubernur DKI Jakarta.

"Kalau saya tinggal nyari dua nama," tuturnya. Gembong mengungkapkan, saat ini sembilan fraksi di DPRD DKI Jakarta telah memiliki jagoan masing-masing untuk posisi Pj Gubernur pengganti Anies.

Dia melanjutkan, semua fraksi tinggal menyodorkan nama untuk dibawa ke Rapimgab. Namun, mekanisme penentuan untuk usulan nama Pj Gubernur belum ada pembahasan. Baca: DPRD DKI Segera Bahas 3 Nama Pj Gubernur Pengganti Anies

“Cuma mekanisme mengeluarkannya kan harus disepakati. Yang pada akhirnya tiga nama menjadi keputusan dewan. Itu yang belum dibahas,” ucapnya.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian telah bersurat ke DPRD DKI Jakarta untuk mengirimkan nama calon pengganti Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta. DPRD DKI Jakarta, nantinya juga dapat mengusulkan tiga nama penggnti Gubernur DKI Jakarta.

Dengan demikian, setidaknya ada enam calon pengganti Gubernur DKI Jakarta yang akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo. Tiga nama dari DPRD, tiga nama dari Kemendagri yang diajukan ke Presiden.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0863 seconds (0.1#10.140)