Ratusan Ha Sawah di OKUT Diserang Tikus

Senin, 30 Juni 2014 - 20:29 WIB
Ratusan Ha Sawah di OKUT Diserang Tikus
Ratusan Ha Sawah di OKUT Diserang Tikus
A A A
MARTAPURA - Tanaman padi milik petani sawah tadah hujan di Kecamatan Bunga Mayang, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur rusak akibat diserang hama tikus.

Serangan hama tikus membuat padi tumbuh tidak normal, kondisi ini membuat petani menjadi resah. Sedangkan saat ini tamanan padi sudah hampir panen.

Bejan salah satu petani sawah tadah hujan warga Kecamatan Bunga Mayang mengungkapkan, gerombolan hama tikus ini menyerang tanaman padi pada malam hari.

Namun terkadang di siang hari saat petani lengah hama tikus juga menyerang tanaman padi yang hampir panen.

Serangan tikus pada musim tanam gadu kali ini sangat luar biasa. “Selain menyerang tanaman padi hama tikus juga meyerang tanam jagung milik petani,” katanya, Senin (30/6/2014).

Untuk membasmi hama tikus petani sudah menggunakan berbagai jenis obat pestisida maupun racun namun tidak membuahkan hasil serangan hama tikus semakin menjadi-jadi.

“Langkah lain yang akan kita lakukan bersama petani lain melakukan gropyokan maupun pembasmian hama tikus secara bersama-sama dengan cara membakar sarang hama tikus,” timpalnya.

Luas lahan sawah tadah sawah hujan milik petani yang diserang hama tikus mencapai ratusan hektare.

“Sawah yang di lingkungan tempat tinggal saya ada sekitar 50 hektare yang rusak, belum juga sawah di luar desa kami, karena saya dengar informasinya dari tetangga serangan hama tikus hampir merata,”jelasnya.

Sedangkan Ibrahim (55) petani yang lain menambahkan jika tahun sebelumnya serangan hama tikus masih bisa diantisipasi dengan menggunakan racun phospit maupun racun tikus.

“Tapi serangan hama tikus sekarang sangat merajalela meskipun sudag diracun masih terus menyerang,” katanya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4133 seconds (0.1#10.140)