Anak-anak Polman Isi Liburan dengan Berburu Belut

Sabtu, 21 Juni 2014 - 18:40 WIB
Anak-anak Polman Isi Liburan dengan Berburu Belut
Anak-anak Polman Isi Liburan dengan Berburu Belut
A A A
POLEWALI - Mengisi liburan sekolah tidak harus dengan mengeluarkan biaya untuk mendatangi taman bermain atau objek wisata. Di Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, sejumlah anak mengisi liburan dengan berburu belut di sawah. Selain mengasyikkan, hasil buruan juga bisa dimakan.

Sejak Sabtu (21/6/2014) pagi hingga siang, sejumlah anak di Kelurahan Lantora, Kecamatan Polewali, berburu belut di persawahan. Dengan berbekal alat pancing berupa senar sepanjang satu meter dengan mata pancing, anak-anak ini mulai melakukan perburuan. Sebelum memancing belut, mereka menyiapkan umpan berupa keong emas. Keong emas adalah salah satu makanan favorit belut dan banyak ditemukan di persawahan.

Setelah menyiapkan umpan, mulailah anak-anak ini menyisir pematang sawah untuk mencari lubang kecil yang biasa dijadikan belut sebagai sarang. Memancing belut dimulai dengan memasukkan pancing ke dalam lubang. Setelah menunggu beberapa menit, mulailah satu per satu belut yang diburu didapat.

Berburu belut tak hanya digemari anak laki-laki. Banyak anak perempuan melakukan hal yang sama. Selain murah, mengisi liburan seperti ini juga bisa menambah pengalaman bagi anak agar lebih sabar dan juga bisa mendapat tambahan uang jajan karena hasil tangkapan belut biasanya dijual. Selain dijual, belut yang ditangkap ini juga dijadikan sebagai makanan tambahan meningkatkan gizi. Karena, belut dikenal sebagai jenis ikan yang mengandung gizi tinggi.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6446 seconds (0.1#10.140)