Ikan Sungai Porong Mati Terkena Limbah Pabrik

Jum'at, 13 Juni 2014 - 21:16 WIB
Ikan Sungai Porong Mati Terkena Limbah Pabrik
Ikan Sungai Porong Mati Terkena Limbah Pabrik
A A A
SIDOARJO - Limbah pabrik yang mencemari Sungai Porong sepertinya sudah membahayakan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya ikan yang ditemukan mabuk dan mati di sungai tersebut.

Banyaknya ikan yang mati tidak disia-siakan oleh warga sekitar. Dengan menggunakan berbagai alat, seperti jaring, mereka menangkap ikan yang kondisinya sudah mabuk dan berada di permukaan sungai.

Bahkan, warga juga menggunakan alat setrum untuk menangkap ikan yang sudah melayang-layang itu. Saking banyaknya ikan yang mati, warga yang sejak pagi menjaring ikan sungai dekat Jembatan Porong, ada yang mendapat puluhan kilogram ikan.

Ikan yang berhasil ditangkap langsung dimasukkan kantong beras. Banyaknya ikan yang mengapung di Sungai Porong tidak hanya terjadi sekali saja. Beberapa bulan lalu kondisi yang sama terjadi pada sejumlah ikan di Sungai Porong.

Bahkan, dalam setahun bisa sampai lima kali, terutama saat kondisi air sungai surut. "Mungkin kena limbah pabrik, kalau airnya bagus tak mungkin ikannya mati," ujar warga, saat ditemui tengah menjaring ikan, Jumat (13/6/2014).

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Siswojo mengatakan, ada berbagai yang membuat ikan mati. Bisa saja terkena limbah yang mencemari sungai, ikan dan racun.

BLH sebelumnya sudah menyisir Sungai Porong hingga ke arah barat. Di kawasan tersebut tidak ada pabrik yang memberikan imbas limbah pada Sungai Porong. Namun, limbah Pabrik Pakerin, di Mojokerto.

"Kami akan koordinasi dengan Pemprov Jatim untuk menangani limbah lintas wilayah itu," tandas Siswojo.

Ditanya kemungkinan matinya ikan karena lumpur, mantan Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pemkab Sidoarjo itu mengaku pengaliran lumpur ke Sungai Porong berada di sisi timur. Sedangkan ikan banyak mati di sekitar jembatan Sungai Porong yang berada di sisi barat.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3230 seconds (0.1#10.140)