Kemenparekraf Dorong Industri Promosikan Pariwisata Daerah

Rabu, 11 Juni 2014 - 11:20 WIB
Kemenparekraf Dorong Industri Promosikan Pariwisata Daerah
Kemenparekraf Dorong Industri Promosikan Pariwisata Daerah
A A A
NUSA DUA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus mendorong kalangan industri untuk mempromosikan potensi keindahan pariwisata di berbagai daerah agar lebih dikenal masyarakat dunia.

Dirjen Pemasaran Kemenparekraf Esti Reko Astuti menyatakan, saat ini diperlukan langkah bersama di antara pelaku industri pariwisata dalam mempromosikan dunia kepariwisataan di Tanah Air sehingga lebih menarik minat wisatawan.

Kegiatan promosi penjualan bersama seperti dalam Bali and Beyond Travel Fair yang digelar Nusa Dua, Bali ini, dinilai efektif dan tepat, untuk mengangkat potensi pariwisata di seluruh Tanah Air. "Meski kegiatan ini baru pertama kali digelar, cukup bagus, dari Bali bisa untuk mempromosikan destinasi-destinasi lainnya di luar Bali," kata Esti menjelang pembukaan Bali and Beyond Travel di Nusa Dua, Bali, Rabu (11/6/2014).

Dari laporan yang diterimanya, sudah ada ratusan buyer, seller dari berbagai daerah dan internasional yang tertarik dalam kegiatan tersebut. Industri dan stakeholder atau pemangku kepentingan sangat mendukung ajang berkumpulnya pelaku-pelaku pariwisata itu sehingga diharapkan bisa memberi manfaat bagi pengembangan destinasi-destinasi lain.

Pihaknya optimistis, sinergi industri pariwisata dengan pemerintah daerah seperti saat ini dengan digelarnya Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-38 yang digelar sebulan penuh di Taman Budaya Bali akan efektif untuk promosi penjualan secara langsung. Keikutsertaan daerah-daerah dalam PKB itu bisa menjadi promosi efektif dalam mengenalkan potensi pariwisata mereka seperti dari Sumatera dan Nusa Tenggara.

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika saat menjamu para delegasi di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Selasa (10/6/2014) malam, menyakini kegiatan semacam itu akan memberi andil positif dalam mendogkrak kunjungan wisatawan ke Bali dan berbagai daerah lainnya. Apalagi, jika digelar rutin setiap tahunnya yang bertepatan dengan PKB pada bulan Juni ini, akan menarik minat wisatawan. Dari Bali, bisa dilakukan promosi langsung destinasi lainnya di Indonesia.

"Kami sangat mendukung kegiatan ini. Selain bisa meningkatkan kunjungan pariwisata, juga bisa menggerakkan ekonomi kreatif masyarakat," kata Mangku Pastika.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3929 seconds (0.1#10.140)