Tim Gabungan Razia Kendaraan Berat di Kendal

Senin, 09 Juni 2014 - 14:50 WIB
Tim Gabungan Razia Kendaraan Berat di Kendal
Tim Gabungan Razia Kendaraan Berat di Kendal
A A A
KENDAL - Untuk mengurangi penyelewengan dan pungutan liar di jembatan timbang, Dinas Perhubungan Jawa Tengah dan Polres Kendal menggelar razia kendaraan berat di Terminal Bahurekso, Kendal. Kendaraan berat ditimbang. Jika muatannya melebihi ketentuan, langsung dikenakan tilang dan sidang di tempat.

Pasca penutupan sejumlah jembatan timbang di jalur Pantura, Jawa Tengah, karena terindikasi pungutan liar, tim gabungan Polres Kendal, Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Pengadilan Negeri, dan Kejaksaan Negeri menggelar razia kendaraan berat, Senin (9/6/2014). Razia dengan sasaran utama kendaraan berat dan angkutan umum ini memeriksa muatan dan izin trayek angkutan.

Kepala Unit Perhubungan Karesidenan Semarang Dishub Provinsi Jawa Tengah Imam Santosa mengatakan, razia yang dilakukan mendadak ini untuk mengurangi pelanggaran kendaraan angkutan barang yang muatannya melebihi ketentuan.

Dengan menggunakan jembatan timbang yang bisa dibawa ke mana-mana, kendaraan berat diperiksa satu-per satu. Tim gabungan juga memeriksa izin trayek dan kelengkapan lainnya. Bagi pelanggar surat kelengkapan dan melebihi muatan, langsung digelar sidang di tempat dan membayar denda.

Selain kendaraan berat, tim gabungan juga memeriksa angkutan umum dengan memeriksa surat kelengkapan dan trayek angkutan. Pengguna sepeda motor juga diperiksa polisi dan langsung ditilang untuk kemudian menjalani sidang di tempat. Rencananya, razia gabungan ini dilakukan rutin dengan sasaran kendaraan berat yang dapat mengakibatkan kerusakan di jalan Pantura.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4959 seconds (0.1#10.140)