Polres Karanganyar andalkan Polwan tekan angka kecelakaan lalu lintas

Selasa, 13 Mei 2014 - 00:44 WIB
Polres Karanganyar andalkan Polwan tekan angka kecelakaan lalu lintas
Polres Karanganyar andalkan Polwan tekan angka kecelakaan lalu lintas
A A A
Sindonews.com - Polres Karanganyar, Jawa Tengah, membentuk tim khusus patroli lalu lintas. Uniknya, tim khusus tersebut mayoritas beranggotakan Polisi Wanita (Polwan).

Selain beranggotakan Polwan, tim khusus yang bertugas memoles lalu-lintas di Karanganyar ini, mengambil nama burung khas yang cukup terkenal di Puncak Gunung Lawu, yakni Jalak Lawu.

Kapolres Karanganyar AKBP Martireni Narmadiana mengatakan, ide dasar pembentukan tim khusus Polwan ini, disebabkan mayoritas anggota di Kepolisian Resort Karanganyar ini kebanyakan beranggotakan perempuan.

Menyangkut pemberian nama, Jalak Lawu, Martireni mengataan sebenarnya sudah lama hendak diberikan. Jalak Lawu sendiri diambil dari nama buruk Jalak yang cukup terkenal di puncak Lawu.

"Saya tidak tahu pasti apakah Polres lainnya juga memiliki Tim Khusus Polwan. Yang saya tahu, Tim Khusus Polwan itu baru ada di Polda Metro Jaya. Karena di Polres mayoritasnya perempuan, maka tim Patroli yang kita bentuk beranggotakan Polwan," papar Martireni kepada wartawan di Polres Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (12/5/2014).

Menurut Martireni, anggota polwan yang tergabung dalam Tim Jalak Lawu ini juga memiliki tugas yang sama dengan anggota Polri lainnya. Terutama yang ada di Satuan Lalu Lintas.

Para polwan tersebut disiagakan ke lokasi rawan terjadi kecelakaan lalu lintas dan lokasi rawan kejahatan. Kepada tim Jalak Lawu, Polres menyiapkan sarana mobilitas berupa empat unit sepeda motor gede (moge) dan delapan unit sepeda angin.

Kapolres yakin keberadaan polisi wanita mendukung penanganan kasus yang melibatkan kaum Hawa dan anak-anak. Sehingga, bila kaum Adam melakukan kesalahaan saat berlalu lintas, maka akan malu bila harus berhadapan dengan Polwan. "Mudah-mudahan dengan adanya patroli kami (polwan), pelanggaran lalu lintas berkurang. Kemudian pelaku-pelaku kejahatan jika ada patroli polwan Insya Allah berkurang," imbaunya.

Kapolres juga menyebutkan pembentukan Tim Khusus Polwan ini bertepatan dengan kedatangan tim penilai Wahana Tata Nugraha. Tim ini akan melakukan penilaian terkait penguraian kemacetan, pelaksanaan pengaturan di lokasi rawan lalu lintas dan memberikan pelayanan penyebrangan kepada pejalan kaki.

"Kita juga bekerja sama dengan pihak Departemen Perhubungan Karanganyar. Kita saling dukung dan sudah melakukan rapat koordinasi agar Kabupaten Karanganyar mendapatkan lagi piala Anugrah Wahana Tata Nugraha seperti tahun kemarin," paparnya.

Dalam launching tersebut, seluruh polwan termasuk Kapolres dan Kasatlantas AKP Sukmawati, berkeliling Taman Pancasila menggunakan sarana patroli. Para polwan ini juga menyempatkan diri mengatur arus lalu lintas di Jalan Raya Lawu dan membantu menyeberang pejalan kaki.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6010 seconds (0.1#10.140)