Hujan abu Gunung Kelud guyur Ngantang

Sabtu, 03 Mei 2014 - 18:33 WIB
Hujan abu Gunung Kelud guyur Ngantang
Hujan abu Gunung Kelud guyur Ngantang
A A A
Sindonews.com - Hujan abu mengguyur kawasan Kecamatan Ngantang, Malang, Jawa Timur, sore tadi. Hujan abu tersebut disebabkan letusan sekunder di luar kawah utama Gunung Kelud.

Kepala Desa Pandansari, Ngantang, Sitin, mengatakan, hujan abu tipis disertai hujan memang terjadi, tapi tidak ada kerusakan yang ditimbulkan. "Tidak menyebabkan kerusakan, jalan juga normal," katanya saat dihubungi, Sabtu (3/5/2014).

Meski sebentar, hujan abu ini sempat membuat warga panik karena mengingatkan pada erupsi Gunung Kelud. Karena itu, Sitin langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang. "Saya jelaskan sesuai informasi BPBD tidak apa-apa," katanya.

Hujan deras di lereng Kelud juga menyebabkan aliran lahar hujan yang melintas di Sungai Sambong. Lahar hujan ini juga tidak menyebabkan kerusakan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Bagyo Setiono, saat dihubungi mengatakan bahwa hujan abu yang terjadi di kawasan Ngantang merupakan fenomena alam biasa setelah terjadi erupsi Gunung Kelud. "Hujan abu terjadi akibat letusan sekunder di aliran lahar di luar kawah utama Gunung Kelud," jelas Bagyo.

Bagyo mengimbau warga tetap tenang dan tidak panik serta mewaspadai adanya banjir lahar hujan jika puncak Gunung Kelud tertutup awan hitam. Sebab, banjir lahar hujan berpotensi mengaliri Sungai Sambong yang berhulu ke Gunung Kelud.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.2055 seconds (0.1#10.140)