Ratusan petani Kelud minta hapuskan kredit bank

Selasa, 29 April 2014 - 15:13 WIB
Ratusan petani Kelud minta hapuskan kredit bank
Ratusan petani Kelud minta hapuskan kredit bank
A A A
Sindonews.com - Ratusan petani lereng Kelud di Kecamatan Kepung, dan Puncu, Kediri, Jawa Timur, mendatangi kantor pemerintah kabupaten setempat. Mereka meminta penghapusan utang petani yang terdampak letusan Gunung Kelud, pada Februari 2014.

Dengan mengendarai truk, ratusan petani ini kantor kabupaten setempat. Mereka meminta rehabilitasi tuntas daerah terdampak Kelud disegala sektor, termasuk ekonomi.

Mereka juga meminta pemerintah menanguhkan pembayaran dan memutihkan kredit bank, karena warga tidak bisa membayar kredit. Lantaran lahan pertanian mereka hancur akibat diterjang hujan abu vulkanik ketika gunung Lelud meletus, pada 13 Februari 2014 lalu. Hal ini sesuai dengan janji pemerintah melalui Gubernur Sukarwo dalam kunjungan beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Wakil Bupati Kediri Masykuri Ihsan mengatakan, pemerintah Kabupaten Kediri akan bekerjasama dengan otoritas jasa keuangan dan Bank Indonesia untuk menindaklanjuti persoalan ini ke pemerintah pusat.

Penghapusan kredit bank bagi petani, menurutnya, bukan wewenang dari pemerintah kabupaten.

Seperti diketahui, akibat letusan gunung Kelud, kerugian lahan pertanian mencapai Rp377,54 miliar dengan rincian, lahan padi rusak mencapai 871 hektare, lahan jagung 790 hektare, lahan cabe 538 hektare, lahan bawang 47 hektare, dan lahan nanas seluas 1.200 hektare.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5421 seconds (0.1#10.140)