Ukraina Targetkan Tentara Rusia yang Tembaki Pembangkit Nuklir

Minggu, 14 Agustus 2022 - 05:05 WIB
loading...
Ukraina Targetkan Tentara Rusia yang Tembaki Pembangkit Nuklir
Ukraina Targetkan Tentara Rusia yang Tembaki Pembangkit Nuklir. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Ukraina menargetkan tentara Rusia yang menembaki pembangkit nuklir yang diduduki di selatan negara itu atau menggunakannya sebagai pangkalan untuk menembak. Hal itu diungkapkan Presiden Volodymyr Zelensky, Sabtu (13/8/2022).

"Setiap tentara Rusia yang menembaki pabrik (pembangkit nuklir), atau menembak menggunakan pabrik sebagai pelindung, harus memahami bahwa dia menjadi target khusus agen intelijen kami, untuk layanan khusus kami, untuk tentara kami," kata Zelensky dalam pidato malam, seperti dikutip dari Reuters.



Zelensky, yang tidak memberikan perincian apa pun, mengulangi tuduhan bahwa Rusia menggunakan pabrik itu sebagai pemerasan nuklir. Negara-negara Kelompok 7 (G-7) telah meminta Moskow untuk menarik pasukannya dari pembangkit listrik nuklir terbesar di Eropa itu.

Badan intelijen pertahanan Ukraina sebelumnya memperingatkan "provokasi" baru Rusia di sekitar pabrik, sementara walikota yang diasingkan dari kota tempat pabrik itu berada mengatakan telah mendapat serangan baru dari Rusia.

Tetapi pejabat lokal yang dipasang di Rusia, Vladimir Rogov menulis di Telegram bahwa pasukan Ukraina menembaki pabrik itu.

Sementara penasihat presiden Ukraina Mykhailo Podolyak menuduh Rusia "menghantam bagian dari pembangkit listrik tenaga nuklir di mana energi yang menggerakkan selatan Ukraina dihasilkan." "Tujuannya adalah untuk memutuskan kami dari (pabrik) dan menyalahkan tentara Ukraina untuk ini," tulis Podolyak di Twitter.



Badan Intelijen Pertahanan Ukraina mengatakan, pasukan Rusia telah memarkir howitzer self-propelled Pion di luar kota terdekat dan memasang bendera Ukraina di atasnya.

Badan tersebut juga mengatakan bahwa serangan pada hari Kamis di wilayah pabrik, yang menurut Ukraina merusak infrastruktur pompa air dan stasiun pemadam kebakaran, telah dilakukan dari desa Vodiane yang dikuasai Rusia, sekitar 7 km timur pabrik.

Ukraina dan Rusia telah bertukar tuduhan atas beberapa insiden penembakan baru-baru ini di fasilitas Zaporizhzhia, pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa. Pasukan Rusia merebut stasiun itu di awal perang.

(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)