Dana 'pensiun' PSK Dolly Rp3 juta

Selasa, 15 April 2014 - 16:20 WIB
Dana pensiun PSK Dolly Rp3 juta
Dana 'pensiun' PSK Dolly Rp3 juta
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) saat ini mengaku tengah berkonsentrasi untuk melakukan pembersihan sejumlah lokalisasi. Dari total 47 lokalisasi yang ada, Pemprov Jatim mengaku telah menutup sebanyak 22 lokalisasi.

Kepala Biro Kesejateraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Jatim Ratnadi Ismaon mengatakan, program penutupan lokalisasi di seluruh Jawa Timur bakal tuntas pada tahun 2014 ini. Termasuk salah satu lokalisasi yang cukup fenomenal yakni Lokalisasi Dolly.

Untuk Dolly, pihaknya mengaku tengah menyiapkan dana kompensasi untuk para mucikari dan pekerja seks komersial (PSK)-nya.

"Pemkot Surabaya sudah mengajukan permohonan bantuan dana stimulan untuk para mucikari di lokalisasi tersebut. Bantuan stimulan itu untuk 311 Mucikari yang masih beroprasi," tuturnya, Selasa (15/4/2014).

Menurutnya, Pemprov Jatim melalui surat itu meminta kepada Pemkot Surabaya untuk melakukan verifikasi data jumlah mucikari. “Kita harus melakukan verifikasi terlebih dahulu bersama Pemkot, agar data mucikari di Dolly benar-benar valid sebelum dana stimulan kita berikan.” katanya.

Tim verifikasi sendiri sudah terbentuk yakni dari Biro Kesra Pemprov Jatim, Dinas Sosial Pemkot Surabaya, Bagian Kesra Pemkot, kemudian Camat dan Lurah setempat.

"Selain bantuan untuk Mucikari, Kementerian Sosial juga akan memberikan bantuan modal usaha untuk para PSK sebesar Rp3 juta. Di luar dana bantuan usaha tersebut, masih ada uang bantuan lain yakni untuk transport dan jatah hidup. Namun berapa jumlah persisnya saya tidak tahu pasti, tapi diapastikan dana itu ada,” pungkasnya.

Pihaknya optimis, program penutupan lokalisasi di seluruh Jatim bakal tuntas pada tahun 2014 ini. Skema penutupan itu juga diikuti oleh sejumlah kabupate/kota di Jatim seperti, Madiun, Lumajang, Nganjuk dan Banyuwangi. Bahkan saat ini, Kabupaten Lamongan dan Gresik sudah tidak memiliki lokalisasi.

Baca juga:
Risma: Ribuan PSK Dolly 'pensiun' bulan Juni
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6138 seconds (0.1#10.140)