Jawa Tengah & DIY

19 April, Polwan se-Asia kumpul di Semarang

Senin,  7 April 2014  −  18:16 WIB
19 April, Polwan se-Asia kumpul di Semarang
Ilustrasi (dok:Istimewa)

Sindonews.com - Kota Semarang akan menjadi tuan rumah pertemuan polisi wanita (polwan) se-Asia tahun ini. Kegiatan yang bernama The 2nd Asia Regional Women Police Conference itu akan digelar di Jakarta Centre for Law Enforcement Cooperation (JCLEC) Akademi Kepolisian Semarang, pada 19-24 April 2014.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Liliek Darmanto mengatakan, pertemuan tersebut rencananya akan diikuti oleh 19 polwan dari 9 negara Asia. Selain itu, juga akan dihadiri oleh polwan dari satuan Polri sebanyak 89 orang dan lima polwan anggota dari International Association of Women Police (IAWP).

"Kegiatan ini nantinya akan mengusung tema Strengthening and Empowering Women Police. Adapun tujuan utamanya adalah untuk menjalin kerja sama internasional pada negara-negara se-Asia," kata dia, saat ditemui wartawan, Senin (7/4/2014).

Liliek menambahkan, pertemuan polwan se Asia memiliki banyak manfaat bagi polwan di tanah air. Sebab, dengan kegiatan tersebut memiliki kemampuan internasional dalam melaksanakan tugas di Indonesia.

"Harapannya, polwan kita menjadi polwan yang mendunia dan berjejaring global untuk meningkatkan kinerja dalam pelayanan masyarakat. Apalagi, Polri khususnya polwan, mempunyai peran sesuai amanat UUD dalam melaksanakan ketertiban dunia. Ini akan menjadi kesempatan untuk memperkuat jaringan internasional," imbuhnya.

Lanjut Liliek, beberapa Negara Asia yang rencananya akan ikut Bangladesh, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Filipina, Sri Lanka, India, dan Pakistan.

Pertemuan juga akan diisi dengan sejumlah diskusi yang mengangkat isu-isu tentang perempuan, seperti perdagangan manusia yang melibatkan perempuan, kekerasan terhadap perempuan, sampai kebijakan pemerintah tentang perempuan.

"Pembicaranya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari," pungkasnya.


(san)

views: 962x
shadow