Meski tak berwasiat, Asep punya cita-cita

Senin, 31 Maret 2014 - 20:08 WIB
Meski tak berwasiat, Asep punya cita-cita
Meski tak berwasiat, Asep punya cita-cita
A A A
Sindonews.com - Berpulangnya dalang fenomenal Asep Sunandar Sunarya tak meninggalkan wasiat apapun. Namun ada keinginan almarhum yang selalu terpatri di hatinya.

"Intinya Abah (Asep Sunandar) ingin wayang golek tetap lestari," kata Dadan Sunandar Sunarya, anak kedua almarhum, saat ditemui di rumah duka, Senin (31/3/2014).

Almarhum ingin keberadaan wayang tidak tergerus oleh kemajuan zaman. Keinginan itu selalu ditanamkan Asep pada anak-anak dan muridnya. "Beliau selalu menitipkan (pesan) itu dari dulu," ungkapnya.

Dari keluarga, dua anak Asep mengikuti jejaknya meneruskan pelestarian wayang golek. Yakni Dadan dan Yogaswara. Di tangan merekalah kesenian wayang golek diharapkan tetap bertahan. "Abah berpesan supaya kita kreatif dalam menampilkan wayang golek," tutur Dadan.

Agar tak tergerus zaman, Asep selalu menanamkan pelestarian wayang golek harus "ngindung ka waktu ngabapa ka zaman" alias harus mengikuti perkembangan zaman. Sepeninggal sang ayah, Dadan dan Yogaswara mengaku makin bersemangat untuk melestarikan wayang golek agar tidak musnah. "Kalau itu (jadi semangat) mah pasti," tandas Dadan.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6954 seconds (0.1#10.140)