Jelang Nyepi, Kuta lengang wisman masih santai berlibur

Minggu, 30 Maret 2014 - 16:26 WIB
Jelang Nyepi, Kuta lengang wisman masih santai berlibur
Jelang Nyepi, Kuta lengang wisman masih santai berlibur
A A A
Sindonews.com - Wisatawan asing masih terlihat santai berlibur di Kuta, Bali, baik beraktivitas di pantai, hotel atau pusat perbelanjaan menjelang hari raya Nyepi, Senin 31 Maret 2014, besok.

Dari pantauan di lapangan, denyut kampung turis Kuta yang sehari-harinya ramai didatangi wisatawan domestik dan asing mulai terlihat lengang.

Lalu lintas di jalan-jalan menuju kawasan Kuta, Legian dan Seminyak tidak seramai hari-hari biasanya.

"Pengunjung pantai mulai berkurang, tetapi sampai sore ini aktivitas wisatawan khususnya turis masih terlihat namun tidak seramai hari biasanya," ujar Ketua Satgas Pantai Kuta I Gusti Ngurah Agung Tresna dihubungi, Minggu (30/3/2014).

Dibanding wisatawan domestik, justru wisatawan asing masih banyak terlihat lalu lalang di Jalan Pantai Kuta, Kartika Plaza, Legian dan lainnya.

Banyak wisman yang menghabiskan waktu di restoran, atau pusat perbelanjaan untuk berbelanja. Sementara oulet-outlet atau toko-toko di Kuta sudah banyak yang tutup lantaran besok seluruh Pulau Bali tengah merayakan tapa berata penyepian.

Menurut Tresna, wisatawan asing sudah banyak yang tahu jika besok umat Hindu di Bali, melaksanakan Nyepi dan sebelumnya ada prosesi malam pangrupukan, di mana ogoh-ogoh sebagai simbol buta kala atau kejahatan akan dibakar.

"Wisatawan asing banyak yang ingin melihat pawai ogoh-ogoh di Kuta," imbuh Tresna. Sementara beberapa sudut jalanan di Kuta, sudah mulai diramaikan kehadiran ogoh-ogoh berbagai ukuran dan bentuk yang dibuat para pemuda banjar.

Bahkan beberapa hotel maupun pusat perbelanjaan di Kuta juga menghiasi areal depan halaman dengan ogoh-ogoh.

Ogoh-ogoh atau patung raksasa sudah diletakkan di pinggir jalan untuk diarak beramai-ramai saat malam pangrupukan di sekitar wilayah mereka.

Beberapa anak muda bahkan, telah membuat semacam panggung musik di piggir jalan untuk menyemarakkan saat pawai ogoh-ogoh yang serentak digelar malam ini.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3181 seconds (0.1#10.140)