Tarif wisata Bromo naik 300 persen, TNBTS didemo

Senin, 10 Maret 2014 - 11:56 WIB
Tarif wisata Bromo naik 300 persen, TNBTS didemo
Tarif wisata Bromo naik 300 persen, TNBTS didemo
A A A
Sindonews.com - Kantor Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Jalan Raden Intan, Kota Malang, hari ini didemo puluhan perwakilan pelaku wisata Bromo Tengger Semeru. Mereka menolak kenaikan tarif wisata Bromo yang akan diberlakukan Mei 2014 mendatang.

Mereka menolak Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2014 tentang kenaikan tarif masuk menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru karena memberatkan pelaku usaha wisata.

"Sebaiknya disiapkan infrastruktur dulu sebelum ada kenaikan," kata salah satu perserta aksi, Trisno Sudigdo, Senin (10/3/2014).

Menurut Trisno, yang juga Ketua Paguyuban Jeep Bromo Sejahtera, para pelaku usaha atau agen travel menggunakan sistem kontrak setahun sebelumnya dan akan menyusahkan para pelaku usaha jika naiknya tarif tiket tiba-tiba naik Mei nanti. Sebab, mereka masih menggunakan tarif lama.

Selain itu, mereka juga ingin pengelolaan wisata di kawasan TNBTS diperbaiki infrastrukturnya. Di antaranya toilet, keamanan, serta pembatasan di kawasan penanjakan.

"Penanjakan sekarang overload karena dari arah empat kabupaten semua titiknya di penanjakan," ujarnya.

Menanggapi demo tersebut, Kepala BB TNBTS Ayu Dewi Utari mengatakan, peraturan ini sepenuhnya kebijakan Kementerian Kehutanan (Kemenhut). "Tuntutan mereka akan kami sampaikan ke Kementerian Kehutanan yang membahas peraturan tentang kenaikan tarif di taman nasional," tukasnya.

Dirinya menegaskan, sebenarnya kenaikan tarif ke kawasan taman nasional terbilang wajar. Pasalnya, biaya itu sudah berlaku sejak 16 tahun lalu dan baru naik sekarang. Kenaikan itu juga untuk mendapatkan target pendapatan Rp7 miliar sesuai apa yang ditetapkan.

"Kita akan menata kembali kawasan Bromo terutama di penanjakan akan dibatasi maksimal 3 ribu sampai 5 ribu per hari," katanya.

Baca:
Ragam kisah nyata berbau mistis di Gunung Semeru
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3597 seconds (0.1#10.140)