Besok, cucu Sultan HB X diboyong ke Keraton Yogyakarta

Minggu, 02 Maret 2014 - 13:40 WIB
Besok, cucu Sultan HB X diboyong ke Keraton Yogyakarta
Besok, cucu Sultan HB X diboyong ke Keraton Yogyakarta
A A A
Sindonews.com - Saat ini, cucu ke-empat Sri Sultan Hamengkubuwono X masih berada di RSUP Dr Sarjito Yogyakarta.

Jabang bayi perempuan pasangan KPH Yudhanegara -Ubay- dan GKR Bendoro -Jeng Reni- itu lahir dengan jalan operasi (caesar) pada Sabtu, 1 Maret 2014 kemarin sekira pukul 08.40 WIB.

Hari itu merupakan hari yang sangat istimewa bagi Ubay maupun Jeng Reni. Selain mendapat momongan putri pertama, hari itu juga bertepatan dengan peringatan sejarah, yakni Serangan Umum 1 Maret 1949.

Ubay mengaku, proses menunggu kelahiran putri pertamanya cukup lama. "Prediksi dokter itu kan tanggal 17-20 Februari, ternyata belum keluar, kita tunggu tiga hari sampai tanggal 23, sama belum keluar, tunggu dua hari lagi tanggal 25 Februari, posisinya sama," kata Ubay ditemui usai kelahiran putrinya, Sabtu (1/3/2014) kemarin.

Terakhir, kata dia, setelah ditunggu hingga tiga hari, yakni tanggal 28 Februari, masih belum menunjukan tanda-tanda lahir secara normal. Sekira pukul 13.00, pasangan yang menikah pada 16 Oktober 2011 itu mendatangi RSUP Dr Sarjito untuk periksa.

"Dokter bilang ada dua opsi, pertama dengan cara induksi dan kedua, operasi caesar. Kita sih inginnya normal, tapi itu engak mungkin karena bayi ini sudah lebih dua minggu, normalnya kan 40 minggu sudah keluar, ini 42 minggu. Ya akhirnya, kita putuskan secara caesar," katanya.

Menantu Sultan HB X itu mengatakan, operasi tidak bisa saat itu juga, tetapi satu hari berikutnya karena untuk melakukan semua cek kondisi kesehatan istrinya. Misal darah, tensi, dan kondisi lainnya.

"Kita langsung nginap kemarin itu, operasinya dilakukan pagi pukul 08.00 WIB (1/3/2014). Perasaan ya deg-degan banget," kata pria bernama lengkap Achmad Ubaidillah ini.

Setelah operasi, kondisi bayi dalam keadaan sehat. Hingga saat ini masih dalam pemantauan terus oleh perawat di rumah sakit tersebut. Rencananya, lanjut Ubay, mereka akan kembali pulang ke Kraton Yogyakarta pada Senin, 3 Maret besok.

"Kata dokter sih, tiga hari pasca operasi sudah bisa pulang, ya berarti besok Senin pulang, pulang ke Keraton lah, masak ke Jakarta," ujarnya sambil bercanda.

Disinggung apakah ada sambutan dari Keraton atas kelahiran putrinya ? Ubai mengaku belum mengetahui. Dia melempar pertanyaan itu ke istrinya, Jeng Reni. "Kalau itu saya enggak tahu ya, Jeng Reni mungkin yang tahu, tapi dia masih perlu istirahat," elaknya.

Meski akan dibawa pulang besok, Ubay mengaku tidak bisa menemani buah cintanya berlama-lama di Keraton Yogyakarta. Sebab, tanggal 15 Maret dia harus terbang ke Jepang untuk melanjutkan studi S-3 karena masa cuti yang diambil satu bulan sudah habis.

Baca:
Siapa nama cucu Raja Yogyakarta yang baru?
Putri Pangeran Haryo lahir di hari bersejarah
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3913 seconds (0.1#10.140)