SBY & PB XIII siap gelar pertemuan

Minggu, 23 Februari 2014 - 14:03 WIB
SBY & PB XIII siap gelar pertemuan
SBY & PB XIII siap gelar pertemuan
A A A
Sindonews — Sampeyen Dalem Ingkeng Sinuhun (SISK) Paku Buwono (PB) XIII Hangabehi dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bakal mengadakan pertemuan dengan agenda pengembalian otoritas Keraton Kasunanan di bawah PB XIII.

Hal ini dilakukan untuk menyelesaikan konflik berkepanjangan di Keraton Kasunanan, Surakarta Hadiningrat.

Sebelum pertemuan dengan SBY, Menteri Pemuda dan Olah Raga Roy Suryo menggelar pertemuan terlebih dahulu dengan PB XIII serta kerabat Keraton.

Pertemuan tersebut dilakukan di sebuah Hotel di Yogyakarta dengan dihadiri Gusti Suro Wicaksono, Gusti Madukusumo, Tedjowulan, Gusti Benowo dan Staf ahli Menpora Nugroho.

Salah satu Putra Paku Buwono (PB) XII Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGH) Suryo Wicaksono mengatakan dalam pertemuan tersebut, lebih banyak membahas apa saja materi yang akan dibawa ke hadapan Presiden.

"Inti pertemuan tersebut untuk membahas rencana pertemuan PB XIII Hangabehi dan Presiden,serta memfinalkan isi surat Hangabehi kepada SBY yang akan diberikan hari ini di Solo,"ungkap pria akrab disapa Gusti Nino, Minggu (23/2/2014).

Menyangkut siapa saja pihak yang akan diajak dalam pertemuan tersebut, Gusti Nino mengatakan selain Menpora, hanya Hangabehi dan Mahapati Keraton Kasunanan Tedjowulan.

Sedangkan dari pihak Dewan Adat, termasuk Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari atau Gusti Moeng,kata Nino, tidak ada yang diajak sama sekali.
"Dewan adat sudah bubar dan tak akan diajak ketemu SBY,"ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, pihak Keraton meminta SBY selaku Presiden untuk segera turun tangan menyelesaikan konflik Keraton dengan tuntas dan mengembalikan wewenang otoritas kepada Hangabehi sebagai Raja penerus dari Dinasti Mataram.

"Intinya jika SBY bersedia dan ada waktu, Hangabehi dan Tedjowulan yang difasilitasi Menpora akan menghadap langsung dengan SBY terkait melaporkan masalah konflik Keraton agar Presiden berkenan membantu menyelesaikan secara tuntas sesegera mungkin," pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5201 seconds (0.1#10.140)