Korban erupsi Sinabung bertambah 1, jadi 17 orang

Selasa, 11 Februari 2014 - 19:31 WIB
Korban erupsi Sinabung bertambah 1, jadi 17 orang
Korban erupsi Sinabung bertambah 1, jadi 17 orang
A A A
Sindonews.com - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, korban meninggal akibat erupsi Gunung Sinabung hingga kini berjumlah 17 orang. Korban terakhir Sehat Sembiring (47), akhirnya meninggal dunia di RS Efarina Etaham.

"Sebelumnya, korban sempat dirawat secara intensif sejak 1 Februari lalu," ujar Sutopo, kepada Sindonews, Selasa (11/2/2014).

Para korban meninggal, katanya, akan mendapatkan santunan dari Kemensos sebesar Rp5,5 juta, Gubernur Sumut Rp3,5 juta, dan Bupati Karo Rp2,5 juta. Pemberian santuan itu, dilakukan secara simbolis kepada para ahli waris, dan akan dilakukan pada Kamis 13 Februari 2014, di Posko Utama.

Sementara itu, Kepala BNPB Syamsul Maarif menekankan agar semua petugas membantu proses pemulangan pengungsi. Sebanyak 236 personel TNI, Polri, dan relawan, dikerahkan dalam pemulangan pengungsi yang ada di empat desa.

"Dimulai dengan apel persiapan di Posko Utama Kabanjahe, TNI, Polri, Pemda Karo, BPBD Sumut, dan relawan memfasilitasi para kepala keluarga untuk membersihan rumah dan fasilitas umum di desa mereka," terangnya.

Berdasarkan pantauan, kepala keluarga dari Desa Cimbang, Ujung Payung, Rimo Kayu, dan Batu Karang, mulai hari ini mulai melaksanakan pembersihan tempat tinggal mereka masing-masing.

Setelah apel persiapan, truk dari TNI, Polri, dan Pemda menjemput para kepala keluarga (KK) di jambur-jambur. Para ibu, anak-anak, dan kelompok rentan lain yang masih tinggal di pos penampungan, akan dibantu hingga tempat tinggal mereka siap dihuni kembali.

"Target pembersihan selama tiga hari ini sebagai rencana persiapan pemulangan keluarga yang saat ini masih di pos penampungan," tambahnya.

Pembersihan tempat tinggal masing-masing kepala keluarga menggunakan padat karya atau cash for work. Masing-masing kepala keluarga memperoleh Rp50.000 per hari.

Berdasarkan data Posko Utama, jumlah pengungsi dari empat desa tersebut sebagai berikut, di Desa Cimbang 68 KK (234 jiwa), Rimo Kayu 196 KK (657 jiwa), Batu Karang 270 KK (805 jiwa), dan Ujung Payung 93 KK (311 jiwa).
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5568 seconds (0.1#10.140)