Mendagri tegaskan pelantikan Soekarwo tetap dilakukan

Senin, 03 Februari 2014 - 23:27 WIB
Mendagri tegaskan pelantikan Soekarwo tetap dilakukan
Mendagri tegaskan pelantikan Soekarwo tetap dilakukan
A A A
Sindonews.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi tetap akan melantik pasangan terpilih Gubernur Jawa Timur Soekarwo dengan Syaifullah Yusuf sebagai kepala daerah.

Meski ada permintaan penundaan dari kubu Khofifah Indar Parawansa setelah adanya komentar dari mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar yang menyebut pasangan Khofifah menang dalam sidang panel.

"Putusan MK itu kan final mengikat, itu harus ditaati oleh semua pihak. Saya sangat patuh dengan itu selama ini, walaupun dengan segala persoalan," kata Gamawan di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Senin (3/2/2014).

Gamawan menceritakan, kejadian serupa juga pernah terjadi dengan Pilkada Musi Banyuasin, di mana dirinya pernah disurati Akil untuk menunda pelantikan tersebut.

"Contohnya pernah ada surat Pak Akil untuk menunda pelantikan, tapi karena keputusan MK final mengikat, saya jalan terus, saya abaikan itu, saya taat kepada keputusan majelis," tegasnya.

Karena itu, dia menegaskan Kemendagri akan tetap melakukan pelantikan terhadap Soekarwo meski ada permintaan penundaan dan komentar Akil.

"Ini juga seperti itu, saya taati hukum silakan gugat, proses saja, ya kita tunggu itu. Tapi pelantikan kan sudah final mengikat, Keppresnya juga sudah keluar," paparnya.
(ilo)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7963 seconds (0.1#10.140)