Jawa Timur

Terancam Gunung Kelud, warga Ngancar siap mengungsi

Senin,  3 Februari 2014  −  00:38 WIB
Terancam Gunung Kelud, warga Ngancar siap mengungsi
Ilustrasi

Sindonews.com - Seluruh kepala desa di Kecamatan Ngancar, Kediri malam ini dikumpulkan untuk menggelar koordinasi terkait ancaman bencana erupsi Gunung Kelud. Wakil Bupati Kediri Masykuri Ikhsan memimpin langsung rapat itu.

Kecamatan Ngancar merupakan wilayah paling dekat dengan titik Gunung Kelud. Di sana terdapat sedikitnya 1i desa yakni Kunjang, Babadan, Bedali, Jagul, Manggis, Margourip, Ngancar, Pandantoyo, Sempu, dan Sugihwaras.  Desa-desa tersebut rata-rata terletak di radius tujuh kilometer dari puncak Gunung Kelud.

Wakil Bupati Kediri Masykuri Ikhsan mengatakan, rapat koordinasi bersama kades di Kecamatan Ngancar penting untuk dilakukan mengingat kondisi Gunung Kelud saat ini dalam status Waspada.

"Rapat koordinasi ini membahas mengenai persiapan apabila kemungkinan terjadi peningkatan status Gunung Kelud dari Waspada menjadi Siaga, sehingga harus dilakukan evakuasi," jelas Masykuri, Minggu (2/2/2014).

Saat ini, jumlah penduduk di 11 desa tersebut mencapai 45 ribu jiwa, sehingga sangat perlu dipersiapkan segala kemungkinan yang terjadi mengingat kondisi Gunung Kelud itu.

Dalam rapat tersebut sekaligus dilakukan dibahas pemetaan posko untuk evakuasi dan pemetaan lokasi pengungsian. Saat ini baru ada tiga titik pengungsian yang sudah disiapkan, yakni di Kecamatan Wates, Ploso Klaten dan Kepung.

Masykuri berharap dengan koordinasi intens seperti ini maka, segala kemungkinan terkait ancaman Gunung Kelud bisa diatasi dengan cepat dan lancar tanpa kendala.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gunung Kelud yang berada di wilayah perbatasan Kabupaten Kediri, Blitar dan Malang, mendadak mengalami kenaikan status dari Aktif Normal menjadi Waspada.

Atas kondisi tersebut, warga yang bertempat tinggal di dekat dengan kawasan Kelud diimbau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk meningkatkan kewaspadaan terkait perubahan status tersebut.

"Kita telah mendapat informasi langsung dari Pos Pantau di Margomulyo, Ngancar Kabupaten Kediri. Bahwa status Gunung Kelud menjadi Waspada," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Blitar, Katidjan, Minggu (2/2/2014).


(lns)

views: 5.667x
shadow