Keluarkan gas metan, Tim SAR buat lubang baru

Senin, 27 Januari 2014 - 16:14 WIB
Keluarkan gas metan, Tim SAR buat lubang baru
Keluarkan gas metan, Tim SAR buat lubang baru
A A A
Sindonews.com - Tim Search and Rescue (SAR) hingga kini masih belum berhasil mengeluarkan empat korban ledakan tambang batu bara di Dusun Data Gulandi, Desa Batu, Kecamatan Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar).

Selama tiga hari melakukan evakuasi, tim SAR mengaku menemui kesulitan seperti banyaknya gas metan yang terus keluar dari dalam timbunan.

“Kondisi gas metan dalam lubang ledakan tambang terus meningkat. Tim saat ini sedang menyusun strategi baru untuk mengevakuasi para korban yang masih dalam lubang tersebut. Caranya, dengan membuat lubang kedua dan memasang blower untuk mengeluarkan gas metan,” jelas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar, Yazid Fadli, Senin (27/1/2014).

Dia menjelaskan, gas metan yang terus keluar sangat berbahaya. Jika tak diakali dengan strategi khusus, dikhawatirkan akan menimbulkan korban jiwa baru. "Gas metan tinggi itu tidak bisa dilawan. Apalagi kondisi lubang itu runtuh, sehingga tim harus kerja ekstra keras,” tuturnya.

Pihaknya mengaku belum memberikan batas waktu pencarian. Namun, dia memastikan tekadnya untuk terus melakukan pencarian hingga keempat korban dapat ditemukan.

Baca:
Tim SAR gali 20 meter cari korban Sawahlunto
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5944 seconds (0.1#10.140)